Lihat ke Halaman Asli

Willy Sutanto

Mahasiswa

Mahasiswa KKN Tim 1 Undip 2021 Ajarkan Pembuatan Hand Sanitizer

Diperbarui: 11 Februari 2021   19:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1 Pembuatan Hand Sanitizer oleh Mahasiswa KKN Tim 1 2021 Kelurahan Bulusan/dokpri

Mahasiswa Universitas Diponegoro melaksanakan kegiatan edukasi masyarakat dalam bentuk kegiatan cara pembuatan hand sanitizer yang berguna sebagai pencegahan penyebaran Covid-19. Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 1 UNDIP 2021tersebut bekerja sama dengan masyarakat di sekitar lingkungan RT 07/ RW 03, Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Semarang, Jawa Tengah.

Pembuatan hand sanitizer tersebut menggunakan bahan dasar berupa bahan alami dengan formulasi gel lidah buaya, alkohol dan essential oil. Harapan dari berjalannya program sosialisasi ini adalah supaya masyarakat paham cara membuat hand sanitizersecara mandiri sebagai upaya mencegah penularan virus Covid-19.

Komposisi dari setiap bahan-bahan yang digunakan memiliki fungsi dan manfaatnyasendiri seperti alkohol sebagai disinfektan mempunyai aktivitas bakterisidal, bekerja terhadap berbagai jenis bakteri, tetapi tidak terhadap virus dan jamur. 

Pemilihan alkohol dalam Hand sanitizer karena alkohol dapat membantu melarutkan triklosan, berfungsi untuk memberikan rasa dingin di tangan dan agar gel hand sanitizer lebih cepat kering saat digunakan. Bahan berikutnya adalah aloe vera atau gel lidah buaya sebagai pelembut kulit agar tidak terjadi iritasi. Bahan selanjutnya adalah essential oil sebagai bahan dasar pewangi.

Sosialisasi dilakukan secara door to door dengan membagikan contoh produk hand sanitizer dan selebaran tata cara pembuatan hand sanitizer. Sosialisasi secara door to door dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditentukan guna mencegah penyebaran Covid-19 melalui kontak langsung.

Gambar 2 Pembagian Hand Sanitizer dan Sosialisasi Pembuatan Hand Sanitizer Kepada Warga RT 07/ RW 03, Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Semarang/dokpri

"Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini diharapkan masyarakat dapat memahami bahwa hand sanitizer cukup mudah dibuat sendiri sehingga masyarakat tidak perlu khawatir atau cemas jika stok produk hand sanitizer mulai langka di pasaran" Ucap Victor Brilliant Loppies salah seorang mahasiswa KKN Undip. Cara ini juga sebagai pengingat agar setelah beraktivitas penting untuk menjaga kesehatan dengan mencuci tangan agar terhindar dari virus Covid-19. Sosialisasi ini mengundang antusias warga yang ingin tau cara pembuatan hand sanitizer dengan bahan ekstrak lidah buaya.

Oleh    : Victor Brilliant Loppies

Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing Lapangan : Heri Sugito, S.Si., M.Sc.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline