Lihat ke Halaman Asli

Tips Menumbuhkan Minat Baca Murid di Sekolah

Diperbarui: 28 Mei 2023   10:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar dari https://ditpsd.kemdikbud.go.id

Semarak Merdeka Belajar adalah euforia yang harus disambut dengan rasa syukur yang teramat dalam.

Karena program merdeka belajar ini adalah jawaban dari masalah sistem pendidikan yang ada di Indonesia salah satunya adalah kurangnya buku bacaan yang bermutu di sekolah.

Pada episode ke 23 program merdeka belajar diangkat lah sebuah grand issue dari sistem pendidikan yang ada di Indonesia yakni "Buku Bacaan Bermutu Untuk Literasi Indonesia".

Pada program ini pemerintah berkomitmen memberikan bantuan buku kepada semua sekolah agar bisa mengisi perpustakaan mereka dengan bacaan yang bermutu.

Bantuan itu dihadirkan dalam bentuk fisik ataupun bisa diakses melalui jaringan internet dengan harapan bisa dijangkau semua kalangan.

Program merdeka belajar episode ke 23 ini harus disemarakkan oleh setiap sekolah yang ada di Indonesia agar kiranya ada kemajuan dan peningkatan minat siswa terhadap literasi.

Seperti yang kita ketahui bersama, bacaan bermutu sangatlah penting bagi murid untuk meningkatkan kepekaan sosial, daya kritis, sampai dengan pola berpikir.

Seperti yang dikatakan oleh aktivis mudah Soe Hoek Gie manusia itu terbentuk dari hal yakni buku bacaan, lingkungan sekitar, dan pengalaman di masa lalu.

Program merdeka belajar ini menjadi rahmat sekaligus tantangan bagi setiap sekolah dan guru-guru di Indonesia.

Menjadi  rahmat karena akhirnya sekolah diberikan kemudahan untuk mendapatkan akses pada buku - buku bermutu, namun menjadi tantangan karena guru harus lebih kreatif agar program ini bisa berjalan dengan semestinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline