Lihat ke Halaman Asli

MBKM SRIGONCO2021

MBKM-MD Universitas Negeri Malang tahun 2021

Forum Pendampingan Anak bersama MBKM Desa Srigonco UM sebagai Upaya Mengalihkan Kecanduan Gadget Anak Masa Kini

Diperbarui: 21 Desember 2021   08:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

SRIGONCO – kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Membangun Desa mendorong sejumlah mahasiswa dari Universitas Negeri Malang (UM) untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat atau biasa dikenal dengan sebutan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). 

Kegiatan MBKM-Membangun Desa ini dilakukan di Desa Srigonco, Kabupaten Malang yang terletak di ujung Kecamatan Bantur. Kegiatan dimulai pada tanggal 27 September 2021. Sebanyak 15 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing ditempatkan di Desa Srigonco untuk berkontribusi di dalam kegiatan ini.

Kebetulan tim MBKM-Membangun Desa Srigonco ini, semua mahasiswa berasal dari jurusan Psikologi sehingga program yang dilaksanakan lebih banyak berfokus pada masalah psikis. 

Program kerja pertama yang dilaksanakan yakni Forum Pendampingan Anak yang dimulai pada tanggal 7 November 2021. Kegiatan ini dirancang berdasarkan permasalahan kecanduan gadget yang terjadi pada anak-anak di Desa Srigonco yang terjadi pada saat ini. 

Adapun kegiatan yang dilakukan adalah belajar dan bermain dalam bentuk mewarnai dan mengkreasikan origami. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengalihkan perhatian anak pada gadget, serta melatih kognitif dan motorik pada anak. 

Dengan kegiatan ini diharapkan anak-anak mampu memiliki kemampuan mewarnai gambar yang baik dan dapat belajar mengkreasikan origami dengan membuat bentuk-bentuk seperti burung, kupu-kupu dan lain-lain. 

Forum Pendampingan Anak diikuti oleh anak-anak TPQ yang bertempatkan di rumah Bapak Suji, pemilik TPQ. Kegiatan dilaksanakan pada pukul 08.00 hingga 10.00 WIB. Kegiatan dimulai dengan kegiatan mewarnai, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan belajar mengkreasikan origami. 

Tim MBKM-Membangun Desa mendampingi setiap anak saat kegiatan berlangsung. Pendampingan mewarnai dilakukan agar anak-anak selalu terpantau ketika mereka memegang alat dan mengkreasikan warna pada gambar. 

Selain itu, pendampingan masih terus berlanjut pada kegiatan mengkreasikan origami dengan membantu anak-anak ketika mereka kesulitan menemukan ide untuk membentuk origami ataupun kesulitan di dalam melipat.

dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline