Lihat ke Halaman Asli

MBKM SRIGONCO2021

MBKM-MD Universitas Negeri Malang tahun 2021

Melukis Totebag Sebagai Media Ekspresi Guna Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP PGRI 1 Bantur Kab Malang

Diperbarui: 27 Desember 2021   21:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang yang tergabung dalam Program Merdeka Belajar MBKM Membangun Desa melaksanakan kegiatan di Desa Srigonco Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Kegiatan ini dilakukan pada hari Sabtu tanggal 4 Desember 2021. Mahasiswa melakukan beberapa program kerja yang salah satunya adalah kegiatan melukis.  Program ini dijadikan sebagai media pengembangan kreativitas siswa karena bentuk kegiatan dalam program ini berupa menghias totebag dari kain blacu polos sebagai media gambar yang dapat dihias dengan bebas, serta beberapa alat dan bahan seperti cat poster, kuas, dan palet lukis.

persiapan-pelaksanaan-kegiatan-melukis-ekspresi-media-totebag-61c9cf7c9bdc407b5b5f25f5.jpg

Dalam kegiatan ini dilakukan sebanyak kurang lebih 40 siswa yang pesertanya terdiri dari siswa siswi kelas 10 sampai dengan kelas 12 di SMP PGRI 1 Bantur. Kegiatan dilakukan pada  pukul 08.00 hingga 11.00 wib. Tujuan dari program ini sendiri adalah untuk melatih kreatifitas anak dalam berimajinasi dengan media totebag. Dalam kegiatan ini mahasiswa hanya memberikan tiga warna dasar yaitu merah, kuning, dan biru, serta tambahan warna seperti hitam dan putih.

dokumentasi-kegiatan-menggambar-dan-melukis-siswa-pgri-1-bantur-61c9cfa017e4ac5555634052.jpeg

Disini siswa-siswi diberikan berupa edukasi yaitu dengan mahasiswa mengajarkan beberapa teknik mencampurkan cat poster dengan air dan teknik mencampur beberapa cat dengan warna yang berbeda untuk menghasilkan warna lain dengan mengkombinasikan warna-warna yang ada seperti merah dengan kuning menjadi orange, biru dengan kuning menjadi biru, dsb. Pada program edukasi berjalan, mahasiswa memberikan penghargaan berupa 7 kelompok kepada siswa-siswi dengan gambar terbaik. Program ini berjalan dengan lancar serta seluruh peserta nampak antusias saat menggambar dan melukis. Semoga kegiatan program Merdeka Belajar ini dapat memberikan manfaat bagi siswa siswi SMP PGRI Bantur, Kabupaten Malang.  

pemberian-hadiah-kepada-salah-satu-siswa-gambar-terbaik-61c9cfb006310e1e4a43b643.jpg




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline