Lihat ke Halaman Asli

MBKM KKN Desa Sidodadi

MBKM KKN Desa Sidodadi, Gedangan, Kab. Malang

Observasi UMKM Keripik Pisang Dusun Kedungrampal oleh Mahasiswa MBKM UM Desa Sidodadi

Diperbarui: 10 November 2021   15:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Program MBKM Membangun Desa/KKNT merupakan Bentuk Kegiatan  softskill kemitraan dan kolaborasi lintas disiplin serta leadership bagi mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di wilayah pedesaan. 

Dalam kegiatan MBKM kali ini, Tim MBKM UM melakukan observasi UMKM di Desa Sidodadi, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, produk UMKM yang paling banyak ditemukan di Desa Sidodadi adalah keripik tempe, keripik pisang, dan olahan pisang lainnya. 

Desa Sidodadi juga memiliki potensi dagang hasil kebun berupa buah pisang yang juga telah menjadi sentra pisang di Malang dan juga buah kelapa. Selain kedua buah tersebut, warga Desa Sidodadi juga menanam kopi, manggis, dan durian.

Dokpri

Mahasiswa MBKM UM Desa Sidodadi diberi kesempatan untuk melakukan observasi UMKM keripik pisang milik Ibu Tri di Dusun Kedungrampal pada Minggu (31/10). 

Olahan keripik pisang Bu Tri memiliki lima rasa yaitu original, asin, manis, coklat, dan balado atau pedas manis. Sedangkan pada (1/11) mahasiswa MBKM UM diberi kesempatan untuk melihat langsung proses pembuatan keripik pisang rasa balado  dan juga membantu proses pengemasan. 

Produksi keripik pisang ini tidak dilakukan secara rutin per harinya, hanya dibuat jika ada pesanan saja atau Make-to-Order oleh karena itu UMKM ini belum memiliki ruang dan cara untuk dipasarkan lebih luas lagi. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline