Lihat ke Halaman Asli

Teori Alternatif Misteri Hilangnya Malaysian Airline MH370

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1395149676653349941

Yuk mbahas topik lain selain politik yang menjemukan dan ndak ketemu ujung pangkalnya itu . Tulisan ini aku buat sesaat setelah menyaksikan tayangan eksklusif di salah satu stasiun TV tentang misteri hilangnya pesawat malaysian airlines MH370 ... monggo disimak . Lumayan buat hiburan

Setelah hari kesepuluh , teka-teki hilangnya pesawat Malaysian Airlines MH370 bukannya makin menemui titik terang namun justru makin simpang siur bahkan makin bertambah spekulasi liar yang tak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya . Namun kemungkinan bahwa pilot pesawat tersebut adalah dalang dibalik peristiwa tersebut makin hari makin menguat ... Tegasnya , ada kemungkinan pilot pesawat tersebut , entah sendiri entah bersama tim yang diam-diam disusupkan sebagai penumpang rahasia untuk membajak pesawat tersebut tidak bisa dikesampingkan begitu saja .

Tiba-tiba saja aku menjadi Shinichi Kudo alias detektif Conan yang menemukan beberapa petunjuk yang nampak sesuai dengan pola kejahatan dalam peristiwa hilangnya pesawat MH370 ini .

OK .... kesimpulannya pesawat telah dibajak . Oleh siapa dan untuk tujuan apa itu bukan pertanyaan penting . Yang paling utama adalah bagaimana kita melacak jejak pesawat tersebut untuk segera diketahui keberadaannya . Keselamatan seluruh kru dan penumpang tak berdosa yang diperkirakan masih hidup adalah yang menjadi prioritas utama .

Lupakan soal pesawat bergerak menuju kepulauan andaman dan mendarat di suatu tempat antah berantah di sekitar laut india selatan atau bahkan ada yang mengatakan terbang melintas himalaya menuju dataran kazakhtan .... that's a little bit impossible .

Setelah mempertimbangkan segala kemungkinan , aku yakin MH370 kembali ke arah laut china selatan namun dengan jalur berbeda , bukan ke utara menuju beijing melainkan menuju arah barat ( lihat gambar ) ke sebuah tempat rahasia yang kemungkinan besar telah disiapkan jauh-jauh sebelumnya di wilayah KEPULAUAN SULU atau FILIPINA SELATAN !!!

Begini teoriku :
1. Pihak otoritas penerbangan vietnam masih menangkap sinyal dari MH370 sebelum sinyal tersebut menghilang dari radar . Namun anehnya , kata mereka sinyal itu menunjukkan fakta bahwa pesawat tersebut telah berbalik arak kembali ke Malaysia . Well ... jika aku seorang pilot dengan jam terbang 81.000 lebih dan berniat membajak sebuah pesawat . Untuk apa aku capek-capek mematikan transponder setelah berbalik arah , bukankah aku bisa mematikannya sebelum berbelok ?! Apa tujuannya .... ya tentu saja agar semua orang tahu bahwa aku berbelok sebelum menghilang .

2. Setelah semua orang tahu bahwa pesawat sempat balik arah dan menghilang , maka aku akan kembali berputar ke rute semula dengan keadaan transponder tetap mati . Hal itu akan cukup memberi waktu agar para pencariku menyusur rute searah aku membalikkan pesawat sementara itu aku telah mendarat di sebuah tempat yang telah dipersiapkan sejak lama yang sama sekali diluar perkiraan banyak orang .

3. Teori bahwa pesawat berbalik kembali menuju selat malaka itu sama saja dengan menjemput kematian . Bukankah Singapura adalah salah satu bandara tersibuk di dunia ?! dan siapapun tahu ada ratusan penerbangan dari dan ke Singapura melalui semenanjung malaka . Mengemudikan pesawat dalam keadaan sinyal transponder yang mati adalah misi bunuh diri , kecuali siapapun pelakunya memang sejak awal memang berniat untuk mati bersama seluruh penumpang .

4. Teori lain mengatakan bahwa pesawat MH370 sengaja terbang rendah melintasi punggung bukit dan lembah untuk menghindari radar yang menjejak mereka . OMG ... memangnya semudah main game simulasi di kokpit pilot untuk menerbangkan pesawat nyata seberat lebih dari 300 ton ?! pun pesawat itu itu adalah pesawat sipil , bukan pesawat tempur yang lincah ber-akrobat di udara . Lagipula jika terbang terlalu rendah , bukannya akan ada ribuan telinga di daratan yang akan mendengar deru mesinnya ?!

5. Asumsi bahwa MH370 memiliki cadangan bahan bakar untuk penerbangan hingga 7,5 jam lagi akan dimentahkan oleh poin nomer 4 diatas . Dengan terbang lebih rendah dan manuver semakin sering untuk menyusur pegunungan dan lembah , maka konsumsi avtur untuk membakar mesin akan bertahan hanya separuhnya saja .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline