Lihat ke Halaman Asli

Mbah Dharmodumadi

Mbah Dharmodumadi / Wira Dharmadumadi Purwalodra adalah nama pena dari Muhammad Eko Purwanto

Menjaga Hati Itu, Menjaga Kehidupan

Diperbarui: 10 Februari 2017   10:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh. Wira Dharmodumadi Purwalodra

Ibarat nasi sudah menjadi bubur, akhirnya aku mencoba memaafkanmu, meski berat sekali rasanya untuk bisa melepasmu dari sekujur benakku. Memaafkan yang tak mampu kumaafkan adalah pekerjaan bathin yang tidak semua orang mampu melakukannya. Namun, ketika aku mencoba menyebabkan tiadanya rasa sakit di kemudian hari, maka apapun kondisinya akan kuredam dendam ini agar tak selamanya kupeluk sebagai sebuah misteri !.

Memang, tak selamanya mudah untuk bisa dan mampu mengalir dengan kejadian-kejadian itu. Banyak batu terjal, tebing yang curam serta perjalanan menurun yang tak pernah tahu kapan bisa selesai. Dan, tak selamanya keyakinan manusia mampu menjadi penguat bagi setiap perjalanan hidupnya, ia butuh keberanian dan ketulusan untuk melampauinya. Ujung dari ketidakmampuanmu dalam mengelola ikhtiar hidup yang baik ini, adalah sebuah tragedi.   

Tragedi adalah bagian dari hidup kita, sebagai manusia. Ia disebut sebagai tragedi, karena peristiwa ini menciptakan penderitaan dan kesedihan yang amat dalam bagi banyak orang. Tragedi ini juga menyadarkan kita, bahwa hidup kita ini pendek dan rapuh. Namun, semua peristiwa yang berujung pada tragedi ini juga bisa menjadi saat yang baik untuk belajar, sehingga kita, manusia, tidak mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.

Bagaimanapun pedihnya kejadian-kejadian hidup ini, harus mampu dilampaui dengan cara melepaskan semua peristiwa itu dari hati dan pikiran kita. Kita perlu menyadari, bahwa segala hal di dunia ini sementara. Ia ada dan kemudian dengan berjalannya waktu, ia menghilang. Hal ini berlaku untuk segala sesuatu, mulai dari karir, keluarga, harapan, kekecewaan dan kehidupan itu sendiri. Semua ada dan akan berlalu.

Plato, filsuf Yunani Kuno, juga sudah menegaskan, bahwa tubuh adalah penjara bagi  jiwa. Tubuh itu hanya seperti kendaraan yang mengantar manusia ke berbagai ruang. Tubuh ada sebagai syarat untuk hidup di dunia. Namun, ia menghalangi jiwa manusia untuk sampai pada pengetahuan sejati. Tubuh manusia akan sakit, menua dan akhirnya mati.

Namun, jiwa manusia tidak pernah lahir, dan juga tidak akan pernah akan mati. Ia selalu ada. Tubuh dan segala yang ada hanyalah kesementaraan yang bersifat kosong. Semuanya adalah ilusi yang tampak bagi indra kita. Oleh karena itu, kita, sebagai manusia, harus hidup di antara sikap memegang dan melepas. Kita perlu mengatur alam, sambil belajar untuk melepasnya. Kita perlu menata hidup kita, sambil terus sadar, bahwa ini pun akan segera berlalu. Kita harus hidup dengan sepenuh hati, sambil terus sadar, bahwa tubuh kita akan menjadi bangkai dan debu pada saatnya nanti.

Ketika kesadaran ini bersemayam dalam jiwa kita, berarti kita hidup sejalan dengan alam, karena kita adalah bagian dari alam ini. Hidup sejalan dengan alam berarti hidup seirama dengan hukum-hukum alam. Kita tidak lagi memaksakan ambisi kita di dalam kehidupan. Kita mengatur diri kita dan alam sekitar kita dengan kesadaran penuh, bahwa semuanya perlu dilepas pada akhirnya nanti. Dengan begitu, kita akan belajar tentang sebuah kenyataan hidup.

Ketika kita memahami dunia ini, berarti kita mengamati hidup di dunia ini apa adanya. Mengamati dunia apa adanya berarti mengamati dunia di dalam perubahannya. Segala sesuatu terus berubah, tanpa henti. Kita tak akan pernah menginjakkan kaki di sungai yang sama, begitu kata Herakleitos, filsuf Yunani Kuno.

Kesadaran kita juga mengajarkan, bahwa apa yang kita lihat sekarang bukanlah yang kita lihat sebelumnya. Setiap tujuh tahun, tubuh manusia berganti sepenuhnya. Kita menjadi manusia yang sama sekali baru. Yang sama dari manusia itu dengan manusia sebelumnya hanyalah namanya. Lantas, apa yang kita anggap tetap dan akan memuaskan kita pada akhirnya akan berubah, dan lenyap dari kehidupan kita. Apa yang kita perolah akan berubah, dan akan lenyap. Apa yang kita pegang erat-erat juga akan berubah. Apa yang kita perjuangkan dengan seluruh hidup kita akan hilang ditelan waktu. Waktu yang begitu sementara ?!

Memahami kenyataan dalam setiap perubahan berarti juga memahami alam di dalam keterhubungannya dengan segala hal.  Hidup kita saling terhubung satu sama lain, baik dengan benda-benda di dunia ini, maupun dengan berbagai mahluk yang hidup di dalamnya. Kotoran bagi satu mahluk adalah makanan bagi mahluk lain. Apa yang dianggap menjijikan oleh manusia justru menjadi rumah bagi peradaban serangga atau tumbuhan tertentu. Lingkaran saling keterhubungan ini merupakan bentuk dari alam semesta kita. Tidak ada yang suci dan tidak suci, karena semuanya saling membutuhkan satu sama lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline