Lihat ke Halaman Asli

Rizqo Mazida Umala Ulya

Mahasiswi/UIN Sunan Kalijaga/ 22107030113 (Ilmu Komunikasi D)

Kebimbangan Mahasiswa Semi Gap Year: Tetep Hajar atau Relain Aja?

Diperbarui: 16 Juni 2023   14:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

twitter.com/rainylia

Setelah lulus SMA, kebanyakan dari kita akan memilih melanjutkan ke Perguruan Tinggi, tiap orang berbeda-beda nasibnya, ada yang berhasil sekali coba langsung lulus di Kampus dan Jurusan Impian, ada yang ingin bekerja satu tahun lalu ikut Seleksi Universitas tahun berikutnya, ada yang tidak lolos masuk Perguruan tinggi tahun ini dan memutuskan gap year atau menunda kuliah alias tidak berkuliah tahun ini dan berencana kuliah tahun depan. Tapi ada pula yang memutuskan untuk Semi gap year, karena dirasa lebih minim resiko bila tahun depan ternyata tidak lulus di Jurusan ataupun Kampus impian lagi padahal sudah mencoba berkali-kali.

Pada suatu titik dalam perjalanan pendidikan mereka, banyak mahasiswa menghadapi kebimbangan antara mengejar mimpi dan melanjutkan realita. Fenomena ini semakin umum dengan munculnya istilah "semi gap year" dimana sudah berstatus mahasiswa, namun memutuskan untuk tetap belajar guna menghadapi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi tahun depan mengejar kampus ataupun jurusan impian yang belum berhasil diraih, ataupun saat menjalani kuliah di semester awal mulai merasa kalau jurusan yang dijalani sekarang bukan jurusan yang tepat alias "salah jurusan". Mereka harus mulai memikirkan bagaimana membagi waktu Antara waktu nugas, belajar, kuliah, dan mempersiapkan bekal yang cukup seperti sering latihan try out, dan membuat strategi agar tahun depan bisa pindah kampus. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi dilema yang dihadapi oleh mahasiswa semi gap year dan bagaimana mereka dapat memilih di antara mengejar mimpi dan melanjutkan realita.

1. Mengejar Mimpi: Pengejaran Passion dan Tujuan Pribadi

Salah satu alasan utama mahasiswa memilih untuk mengambil semi gap year adalah untuk mengejar mimpi dan minat pribadi mereka. Mungkin ada kesempatan untuk bekerja di industri atau perusahaan yang mereka impikan yang rasanya tidak akan tergapai bila mereka masih lanjut dijurusan yang sekarang.  Menjalani proyek yang mereka cintai, atau mengeksplorasi passion yang belum dapat mereka lakukan selama kuliah. Memanfaatkan waktu ini dapat memberikan mereka pengalaman berharga, wawasan baru, dan peluang untuk mengembangkan diri dalam bidang yang mereka minati.

twitter.com/alleiaaxx

Seperti contoh diatas, dia adalah pelajar lulusan tahun 2021 kelahiran tahun 2002, saat lulus, ia berkuliah di Undip, sedangkan impiannya adalah kuliah di Psikologi UI, tahun 2021 ia jalani sebagai mahasiswi Undip sambil mempersiapkan SBMPTN 2022, saat pengumuman, ia lolos dikampus impiannya di UI, namun bukan jurusan yang ia mau, sekarang ia menjadi mahasiswi UI sambil mempersiapkan diri pindah jurusan Psikologi 2023, contoh seorang mahasiswi yang pantang menyerah dalam mengejar impian yang masih membara dan tidak berubah. Dia adalah contoh mahasiswi semi gap year yang berhasil pindah ke kampus impian.

2. Melanjutkan Realita: Keamanan Finansial dan Karir

Di sisi lain, banyak mahasiswa merasa tekanan untuk melanjutkan pendidikan mereka tanpa jeda untuk memastikan keamanan finansial dan kelancaran karir. Melanjutkan realita berarti tetap berfokus pada studi, menyelesaikan gelar dengan cepat, dan langsung memasuki dunia kerja atau melanjutkan pendidikan pascasarjana. Hal ini dapat memberikan mereka keuntungan kompetitif dalam persaingan kerja dan stabilitas ekonomi jangka pendek. Terkadang diawal-awal kuliah mereka akan merasa mampu untuk membai-bagi fokus, namun seiring waktu berjalan, nyaman dengan lingkungan kampus, merasa lelah bila memulai semua dari awal lagi, serta merasa menghamburkan uang orang tua untuk ukt yang dirasa sia-sia. 

dokumen pribadi penulis. twitter.com/thatsokaykok

Hal itu yang saya putuskan, saya merupakan pelajar yang lulus tahun 2021, gap year dan berkuliah menjadi mahasiswi tahun 2022, saat awal kuliah, saya punya pikiran untuk menjadi semi gap year sambil mengejar UI jurusan Manajemen, jurusan dan kampus yang saya idamkan. Makin kesini, saya sadar, berkuliah di UIN merupakan takdir terbaik dan jalan yang memang harus saya selesaikan. Saya sangat berharap tidak ada rasa penyesalan di masa tua nanti, namun saya rasa sudah cukup bagi saya. Sekaran saya hanya perlu untuk memaksimalkan potensi yang saya miliki disini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline