Lihat ke Halaman Asli

Rizqo Mazida Umala Ulya

Mahasiswi/UIN Sunan Kalijaga/ 22107030113 (Ilmu Komunikasi D)

Pilih Kerjaan atau Pilih Aku?

Diperbarui: 10 Juni 2023   06:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi berkencan, ajmj.com/dating

Bagi yang memiliki pasangan, atau sedang dekat dengan seseorang, mestinya akan bangga mempunyai pasangan yang produktif dan bekerja keras, hal ini menandakan dia serius dalam mengurus diri dan mengurus mimpinya. Dibanding dengan pasangan yang pemalas dan tidak memiliki arah yang jelas, tidak masalah untuk belum berhasil sekarang, asalkan terus bertekad kuat merubah keadaan.

Bila Pasanganmu  memiliki pekerjaan yang stabil, maka itu akan membantu memperkuat hubungan karena finansial akan cenderung lebih aman, tapi lain hal dengan pasangan yang terlalu sibuk dalam bekerja dan melupakan kita, membuat diri ini bertanya-tanya, sebenarnya aku ini prioritasmu atau bukan? Aku ini pasanganmu, namun kamu terlihat lebih mencintai pekerjaanmu dibanding aku.

Dalam kehidupan yang serba sibuk dan kompetitif saat ini, banyak individu yang menghadapi tantangan dalam menjaga keseimbangan antara karier yang sukses dan kehidupan pribadi yang memuaskan. Salah satu dampak dari kesibukan kerja yang berlebihan adalah kurangnya waktu yang tersedia untuk menjalin hubungan dan mengatur kencan dengan pasangan. Kali ini, penulis akan membahas bagaimana mengelola keseimbangan antara karier yang sibuk dengan kebutuhan untuk menjaga mental yang sehat.

1. Tentukan Prioritas

Langkah pertama untuk mengelola keseimbangan antara karier dan kehidupan pribadi adalah menentukan dahulu, mana prioritas yang jelas. Pertimbangkan apa yang benar-benar penting dalam hidup, termasuk hubungan romantis dan kebahagiaan pribadi. Dengan memiliki pemahaman yang jelas tentang nilai-nilai inti yang sobat miliki, Kamu dapat mengalokasikan waktu dengan bijaksana dan memastikan bahwa kehidupan pribadi juga mendapatkan perhatian yang layak. Adakalanya pasangan lebih diutamakan dan adakalanya pekerjaan lebih dimenangkan, tentukan kapan waktu yang tepat untuk memprioritaskan salah satu diantaranya agar terjadi keseimbangan yang layak.

2. Membuat Jadwal Yang Seimbang

Membuat jadwal yang terorganisir dan seimbang antara pekerjaan dan waktu pribadi, Meluangkan waktu khusus untuk kencan dengan pasangan, menetapkan batasan yang jelas antara pekerjaan dan waktu pribadi, lalu usahakan untuk mematuhi jadwal tersebut. Dengan melakukan ini, Sobat dapat memberikan perhatian yang sepenuhnya pada hubungan Anda tanpa terganggu oleh tuntutan pekerjaan.

3. Jangan Menyia-nyiakan Waktu Bersama

Meskipun waktu yang tersedia mungkin terbatas, manfaatkan waktu bersama dengan maksimal. Pilihlah kegiatan yang bermakna dan menghibur yang dapat Anda nikmati bersama pasangan Anda. Misalnya, melakukan kegiatan olahraga bersama, memasak makan malam, atau menonton film di akhir pekan. Jangan sampai terdistrak HP saat berkencan karena akan membuat mood pasangan jadi buruk, Mengoptimalkan waktu bersama dengan cara ini dapat membantu memperkuat ikatan emosional dan meningkatkan kualitas hubungan.

4. Komunikasi  Secara Terbuka dan Jujur

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline