Lihat ke Halaman Asli

Lima “Surga” Indonesia yang Tersembunyi

Diperbarui: 21 September 2016   23:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sudah tak dipungkiri lagi bahwa wisata – wisata  Indonesia seperti keindahan pantai – pantai di Bali, Pulau Raja Ampat, Wisata bawah laut bunaken, Gunung Bromo, dan masih banyak lagi wisata – wisata Indonesia yang sudah sangant terkenal di mancanegara. Diakibatkan luasnya wilayah Indonesia banyak tempat – tempat yang sangat indah tapi belum diketahui oleh banyak orang bahkan rakyat Indonesia juga masih banyak yg belum tahu.

Bagi seorang traveler mungkin sudah bosan pergi ke tempat – tempat yang sudah saya sebutkan di atas. Di artikel ini saya akan menyebutkan lima tempat wisata indah di Indonesia yang belom banyak orang ketahui.

  • Danau Kaco

Danau kaco merupakan danau yang terletak di Kabupaten Kerinci,jambi.Danau ini berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan situswarisan UNESCO. Kata “kaco” berarti kaca. Karena, air Danau Kaco berwarna birubening yang bisa memantulkan cahaya bagaikan kaca, sehingga masyarakat sekitarbanyak yang menyebutnya Danau Kaca. Buat kamu yang ingin berkunjung ke sana,kamu butuk tekad yang kuat buat ke sana. Karena, belum tersedia jalan mulumenuju kesana, butuh 10 jam  perjalananpergi ke Danau kaco dari kota Jambi. Tapi ketika sampai disana rasa lelah kamuakan terbayar kan ketika melihat keindahan Danau kaco.

  • Air Terjun Telun Berasap

Satu lagi tempat indah di Indonesia yang belum banyak di ketahui orangyang terletak di Kabupatem Kerinci,Jambi. Yaitu, Air Terjun Telun Beras. KenapaAir Terjun ini dinamai “Telun Berasap”? Telun Berasap rupanya di tujukan padakabut air yang menguap di sekitar Air Terjun. Kabut ini sendiri Tercipta dariProses Jatuhnya air dari ketiggian 50 meter, keistimewaan Air terjun TelunBerasap  kian Nampak saat bulir – bulir airyang beterbaran dan terkena cahaya matahari. Di antara kabut yang lembap.Kalian akan melihat pertunjukan kemilau warna – warni pelagi, tanpaharusmenunggu hujan turun. Untuk menikmati pemandangan Air Terjun Telun Berasapdengan lebih maksima, kamu bisa melakukanya dari ketinggian. Untuk sampe di AirTerjun Telun Berasap, kamu harus menghabiskan waktu selama 10 jam dari kotajambi.

  • Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di KabupatenBerau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat beberapa Pulau sepertiDerawan, Maratua, Sangalaki, Kakaban dan yang lainya. Setiap Pulau memilikiciri khas dan keindahan tersendiri. Kepulauan Derawan ini sedang di promosikanoleh kabupaten Berau dan Provesi Kalimantan Timur sebagai wisata andalan dibagian wisata bawah lautnya. Di Kepulauan Derawan juga terkenal sebagai rumahpara penyu, jadi di waktu tertentu kamu bisa menlihat ketika penyu – penyubertelur. Di perairan pulau derawan juga terdapat sekelompok manta ray. Untuksampe ke Kepulauan Dewaran kamu harus menempuh jalan darat sekitar 4 jam dariKota Berau.

  • Goa Jomblang Gunung Kidul

Goa ini terletak di kawasan pengunungan karts yang ada di Gunung Kildul. Goa ini merupakan salah satu goa dari sekitar 500 goa yang ada di wilayah pegunungan tersebut. Goa ini mempunyai mulut goa vertical dengan jarak antara bibir goa dengan dasarnya berveriasi. Paling dalam sekitar 80 meter. Untuk masuk ke goa ini di butuhkan kemampuan melakukan Singel Rope Technique (SRT) untuk memasuki gua ini. Walaupun susah untuk memasuki Goa Jomblang, saat berada di dasar kita akan disuguhi tanaman – tanaman subur merimbun, pada dinding kapurnya di tumbuhi tanaman perdu.

 Setelah smpai di dasar goa biasanya penjelajah akan ber istirahat sejenak sebelum melanjutkan penelusuran goa  penghubung antara goa vertical yang bernama Goa Grubug. Goa penghubung tersebut cukup lebar dengan sepanjang sekitar 500 meter. Ketika sampai di ujung Goa tersebuat kamu akan sampai di dasar Goa Grubug. Disana penjelajah bisa melihat keindahan dua stalagmite  yang cukup besar. Apa bila penjelajah dapat tiba di dasar Gua Grubug tepat pada pukul 13.00 akan dapat melihat pemandangan yang eksotis dari sinar matahari yang menerobos masuk ke dalam kegelapan kedasar Gua Grubug. Untuk sampe kesana kamu harus menempuh 10 kilometer dari Kota Wonosari.

  • Teluk Kiluan

Sebenarnya, Teluk Kiluan  bukanlahtempat wisata yang baru bagi pecinta traveling. Bahkan, bisa jadi tempat ini sudah jadi incaran para petualang untukdidatangi. Keindahan alam belum terjamah tangan industri, lokasinya terpencildan sepi, suasananya tentu masih asri dan tenang. Itulah sebabnya Teluk Kiluanmenjadi lokasi favorit para pemancing. Bahkan di tempat ini, setiap tahunnya,ada lomba memancing yang diikuti para jagoan memancing dalam negeri. Keindahan pantainya tentu nggak lepas dari pasirputih, laut yang masih jernih dan terdapat lumba-lumba, juga ombak yang cukupkencang. Ada dua jenis lumba-lumba di Teluk Kiluan, yaitu lumba-lumba hidungbotol dan lumba-lumba paruh panjang. Si hidung botol (Tursiops truncatus)cenderung pemalu dan berbadan besar.

Sedangkan Si paruhpanjang (Stenella longirostris) berbadan lebih kecil, namun senang melompat.Jumlah lumba-lumba di sana mencapai ratusan ekor. Wajar kalau ada yang bilangbahwa koloni lumba-lumba di Teluk Kiluan adalah yang terbanyak di dunia. Kamubisa melihat lumba-lumba dari dekat dengan menyewa perahi katir. Kalauberuntung, kamu juga bisa melihat ada penyu hijau di sana. Karena, hewan inijarang naik ke permukaan laut. Untuk menuju ke TelukKilauan yang berada di pesisir Lampung, tepatnya di Desa Kiluan Negeri,Kelumbayan, Tenggamus, Lampung Selatan, kamu harus menghabiskan waktu selama 12jam berkendara dari Jakarta, atau 3-4 jam dari kota Lampung.

Demikian artikel Lima “surge” Indonesia yang Tersembunyi. Semoga limatempat diatas bisa menambah reverensi kamu buat next holiday bersama teman ataukeluarga, dipasti kamu gk akan nyesel buat ngunjungin ke lima tempat tersebut.

Muhammad Aulia Zahril sumber: 1 2 3




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline