Lihat ke Halaman Asli

Kelompok 5

Mahasiswa UM

Penanaman Porang oleh Mahasiswa KKN Mojokerto sebagai Upaya Meningkatkan Perekonomian Warga Desa Kalikatir

Diperbarui: 6 Juli 2021   19:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penanaman bibit porang oleh Mahasiswa KKN Pulang Kampung Mojokerto Kelompok 5 Universitas Negeri Malang (dokpri)

Porang merupakan tanaman umbi-umbian dan termasuk dalam spesies Amorphophallus Muelleri Blume. Tanaman porang mengandung glucomanan atau zat dalam bentuk gula kompleks dan serat larut yang berasal dari ekstrak akar tanaman. Selain itu, porang memiliki kandungan karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin dan serat pangan yang baik untuk tubuh manusia.

Mahasiswa KKN pulang kampung Mojokerto melaksanakan program kerja penanaman bibit porang di Desa Kalikatir. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian warga desa. Umbi porang memiliki nilai jual yang tinggi karena dibutuhkan oleh perusahaan besar di dunia. Pada saat ini, minat terhadap umbi porang sangat tinggi terutama di Negara Jepang, Cina, dan Korea. Makanan olahan dari porang diantaranya yaitu konnyaku (makanan dalam bentuk jeli) dan shirataki (makanan berbentuk mie) yang merupakan makanan khas Jepang.

Mahasiswa menanam bibit porang dengan antusias. Kegiatan penanaman porang dilaksanakan pada hari Minggu, 27 Juni 2021 di halaman Pendopo Balai Desa Kalikatir. Bibit porang yang ditanam sejumlah 150 biji dengan media polybag. Hal tersebut untuk memudahkan dalam proses perawatan bibit porang. Salah satu cara merawat tanaman porang yaitu dengan menyiram setiap hari.

Penanaman bibit porang (dokpri)

Penyiraman tanaman porang dilakukan sebanyak 1 kali dalam sehari. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh kelompok KKN yang sedang melakukan piket harian. Diharapkan kegiatan penanaman porang dapat memberikan manfaat kepada warga Desa Kalikatir.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline