Lihat ke Halaman Asli

Ketika SPP Proporsional Menuai Kontroversi

Diperbarui: 26 Juni 2015   09:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1294205924177705829

[caption id="attachment_83383" align="alignleft" width="300" caption="get from gogle"][/caption] Tanggal 30 desember 2010 kemarin mahasiswa baru ub dihimbau untuk mengunjungi web siakad ( sistem informasi akademik ) untuk  melihat spp proporsional dan spfp yang ditetapkan untuk masing2 mahasiswa untuk semester selanjutnya.

waw..lumayan mengejutkan, atau bisa dibilang sangat mengejutkan. Banyak mahasiswa yang mengeluhkan spp untuk semester kedepan sangat tidak proporsional. Berdasarkan jalur masuk sudah ditetapkan mahasiswa yang masuk menggunakan jalur snmpt, spks, psb, atau bahkan spmk beberapa jalur tersebut sangat menentukan seberapa banyak mahasiswa harus membaya biaya pendidikannya selama menjadi mahasiswa ub. Sudah semestinya apabila spp seorang mahasiswa yang masuk menggunakan jalur snmptn lebih murah dibanding jalur lainnya. Namun pada kenyataannya tidak sebanding dengan teori yang sudah menjadi wacana. Beberapa ada yang menerima uang kembalian padahal menurut info dari beberapa temannya mahasiswa tersebut dinilai tidak pantas mendapatkan hak tersebut, sebaliknya mahasiswa yang dinilai sebelumnya pantas mendapatkan keringanan biaya spp malah harus menambah biaya spfp dan tentunya biaya spp juga ikut naik. Ironis memang, karena biaya proporsional dinilai dari data-data yang sudah kami berikan saat daftar ulang baik data penghasilan, pengeluaran dll, kami juga tidak mengetahui apakah semua data yang sudah sampai ditangan universitas benar adanya, seseuai dengan realita yang ada. Jika memang ada yang tidak jujur dalam menyampaikan data, bisa dikatakan hal itu yang menyebabkan ketidak proporsionalan biaya pendidikan di ub dan menjadikan kesenjangan biaya proporsional antara satu dan lainnya.

Tanggal 10 januari mendatang banyak info menyebutkan akan dibuka layanan untuk mengajukan keringanan biaya spp serta spfp. Jadi bersiap untuk gedung rektorat lantai 5 bagian keuangan yang akan mendadak dipenuhi mahasiswa menuntut haknya akan kesejahteraan menuntut ilmu di ub.

Pesan saya gunakan lift dengan semestinya dan saya menyarankan untuk naik ke lantai 5 gunakanlah tangga saja agar menambah semangat anda  dan membuat badan anda menjadi lebih sehat (^,^)  dan awas kepleset saat menggunakan tangga.

Go Big Blue!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline