Lihat ke Halaman Asli

Akibat Para Koruptor

Diperbarui: 9 November 2016   11:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Meluasnya praktik korupsi disuatu negara akan memperburuk kondisi suatu bangsa, karena jika suatu negara itu terus menerus melakukan korupsi yang akan terkena dampaknya bangsa itu sendiri. Contohnya seperti : Memperlemah investasi dan pertumbuhan ekonomi, penurunan tingkat produktifitas yang dapat diukur melalui berbagai indikator fisik, harga barang menjadi mahal dengan kualitas yang buruk, akses rakyat terhadap pendidikan dan kesehatan menjadi sulit, keamanan negara terancam, kerusakan lingkungan hidup, pemerintahan yang buruk di mata internasional, krisis ekonomi yang berkepanjangan, negara semakin terperosok dalam kemiskinan.

Berdasarkan laporan bank dunia Indonesia dikategorikan sebagai negara yang berpenghasilan rendah, utangnya parah dan termasuk dalam kategori negara-negara termiskin di dunia.

Beberapa dampak korupsi terhadap hukum, seperti :

Pemerintahan tidak berjalan dengan maksimal, hilangnya kepercayaan rakyat terhadap proses dan lembaga hukum, ketidakadilan hukum yang dialami oleh masyarakat.

Pertanyaan :

Mengapa penanganan kasus tindak pidana korupsi atau kasus hukum lainnya di Indonesia cenderung berjalan lambat dan tidak konsisten?

Jawab: Karena,

Kepentingan politik dalam produk hukum, mafia hukum, profesionalitas penegak hukum, birokratisme dalam proses hukum, masyarakat buta hukum, alat bukti dan saksi, pengacara mahal.

Dampak Korupsi Terhadap Pertahanan dan Keamanan, seperti :

Lemahnya alusista dan sumber daya manusia, lemahnya garis atau batas negara, menguatnya kekerasan di masyarakat.

Contoh :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline