Lihat ke Halaman Asli

Runtuhnya Tembok Berlin

Diperbarui: 13 Maret 2020   21:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Tembok berlin sendiri dibuat sebagai pemisah anatara jerman barat dan jerman timur , yang kemudian runtuh di tahun 1989, akibat desakan dari puluhan juta massa yang berada di jerman timur. Akhirnya massa diberikan kebijakan oleh pemerintah untuk memudahkan pergi ke jerman barat. 

Alasan terbentuknya tembok berlin sendiri disebabkan karena jerman kalah dalam perang dunia ke dua dan perjanjian posdam yang membuat jerman terpisah menjadi dua, akibat perang dinigin yang terjadi antara uni soviet dan amerika serikat kemudian jerman dibagi menjadi dua bagian,jerman yang terbentuk tanggal 23 mei 1949 dengan kaselir pertamanya Konrad aedenauer .

Jerman barat memihak amerika dengan paham liberalisme kapitalis  dan jerman timur yang dideklarasikan pada 7 oktober 1949 dengan presidennya walter uricht.jerman timur memihak ke uni soviet dengan memegang paham komunis dan hal yang sebaliknya terjadi pada jerman timur. 

Banyak rakyat yang tidak setuju akibat dari pembagian dua negara ini, terutama jerman timur yang tidak ingin menganut sistem pemerintahan komunis terutama ekonomi jerman barat yang berkembang sangat pesat yang mebuat jerman timur mengalami kemiskinan dan ingin berpindah ke jerman barat.pada tahun 1961 rakyat jerman timur hamper 2 juta rakyat menyebrang ke jerman barat, akibanya perekonomian jerman timur semakin memburuk, korupsi dari para pejabat jerman timur membuat ketegangan antara uni soviet dan negara barat akhirnya di bangunlah tembok berlin 13 agustus 1961. Kemudian karena semakin banyaknya rakyat jerman timur yang pindah ke jerman barat melalui jalur lain seperti melewati polandia terlebih dahulu atau melewati hungaria terlebih dahulu akhinya pemerintah jerman timur memberikan kelonggran untuk rakyat untuk berimigrasi ke jerman barat. Faktor eksternal terjadinya reunifikasi jerman yaitu pengaruh politik glasnost dan prestorika oleh mikhael gorbachev sedangkan faktor internalnya kesadaran seluruh rakyat jerman untuk bersatu.akhirnya reunifikasi jerman terjdi pada tanggal 3 oktober 1990.setelah itu kemudian bendera uni soviet juga perlahan hancur dan tidak berkibar lagi.hal ini termasuk ke dalam paradigm hubungan internasional karena permasalah ini mencakup permasalahan anatar banyak negara yaitu amerika dan uni soviet serta negara- negara lainnya seperti jerman, inggris dan negara sekutu lainnya. Hal ini masuk kedalam paham realisme dimana antar dua negara saling mencurigai satu dengan lainnya dan juga memiliki sikap skeptic. Hal ini juga yang  terjadi pada jerman timur yaitu dalam wilayahnya sendiri para pengasa juga saling menaruh kecurigaan terhadap yang lainnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline