Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Kerja Sama dalam Sebuah Organisasi

Diperbarui: 1 Juli 2021   21:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Kerja Sama dalam Sebuah Organisasi Dok. Pribadi

Istilah kerjasama, mungkin telah sering kita dengar dalam kehidupan kita sehari-hari dan kata ini sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya jenis kerja sama.

Kerjasama merupakan sebuah bentuk dari interaksi sosial yang bersifat asosiatif. Kerja sama dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana mereka memiliki pandangan yang sama untuk mencapai tujuan tertentu.

Menurut Charles H. Cooley, kerjasama akan timbul jika seseorang atau kelompok yang sadar jika mereka memiliki kepentingan yang sama dan pada saat yang sama pula. Bagi mereka yang bekerja sama akan memiliki pengetahuan dan kesadaran untuk memenuhi segala kepentingannya.

Organisasi adalah sekumpulan orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama (J.R. Schermehorn). Chester J. Bernard mengatakan bahwa pengertian organisasi adalah kerja sama dua orang atau lebih, suatu sistem dari aktivitas-aktivitas (System from all activity) atau kekuatan-kekuatan (Strength) perorangan yang dikoordinasikan secara sadar. 

Baca juga : Kerjasama Internasional

Pengertian organisasi yang dikembangkan oleh Chester ini menekankan pada bagian koordinasi dan sadar yang memiliki sistem. Hal tersebut wajar dikarenakan tujuan bersama yang dibuat oleh setiap anggota organisasi haruslah secara sadar kritis terbangun dalam visi misi organisasi.

Dalam sebuah organisasi sangat diperlukan kerjasama agar tujuan dari organisasi tersebut dapat tercapai dengan baik. Meskipun demikian, menjalin sebuah kerja sama antara anggota organisasi yang satu dengan anggota yang lainnya tidaklah semudah yang dibayangkan.

Dalam sebuah kerjasama, tidak dapat dipungkiri bahwa akan ada bahaya dan ancaman internal ataupun eksternal yang akan menguji bahkan menyinggung kesetiaan anggota dalam sebuah organisasi. 

Hal ini kemudian akan menyebabkan timbulnya kekecewaan akibat adanya berbagai rintangan yang menghadang. Namun dibalik itu semua, jika rintangan dihadapi bersama dengan baik, maka hal tersebut akan memperkuat persatuan dalam sebuah organisasi.

Baca juga : Antusiasme dalam Kolaborasi dan Kerjasama Pendidikan 3 Negara

Pentingnya sebuah kerjasama dalam sebuah organisasi pada akhirnya akan mampu menciptakan dan melahirkan karya-karya luar biasa yang akan dibutuhkan dalam menjalani kehidupan berorganisasi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline