Lihat ke Halaman Asli

Proses Pembuatan Tempat Sampah oleh Mahasiswa KKN Unnes Giat 6 di Wisata Ngidam Muncar

Diperbarui: 22 November 2023   23:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: Personal Document

Tim KKN UNNES Giat 6 melakukan pembuatan tempat sampah di Wisata Ngidam Muncar. Proses pembuatan tempat sampah tersebut dimulai pada Kamis tanggal 9 November 2023. Program Kerja tersebut diketuai oleh Amelia Dhea Mahasiswa jurusan Ilmu Hukum UNNES.

Dhea mengatakan pembuatan tempat sampah tersebut bertujuan agar masyarakat  lebih melestarikan dan menjaga kebersihan lingkungan. Penyediaan tempat sampah bisa dimanfaatkan masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya sehingga tidak menjadikan lingkungan kotor terutama di lokasi wisata. Pembuatan tempat sampah tersebut juga sesuai dengan jurusannya yaitu ilmu hukum, karena adanya larangan membuang sampah sembarangan.

Source: Personal Document

Pembuatan tempat sampah ini dilakukan dengan menggunakan bahan ban bekas agar lebih hemat pengeluaran. Cara pembuatan tempat sampah tersebut dengan ban bekas kemudian di balik dan ditumpuk, setelah ditumpuk 2 ban lalu di cat dan dilukis agar lebih menarik. Pembuatan tempat sampah tersebut diketuai oleh Dhea dan dibantu oleh teman-teman kelompok KKN UNNES Giat 6 yaitu Hernandiaz, Rizki, Riyan, Maya, Alya, Lita, Hesti, Nonik, Nabila, serta dibantu oleh pengelola wisata yaitu Pak Kalidi dan Pak Son.

Tong sampah tersebut di cat dengan cat minyak berwarna kuning dan biru, setelah itu dilukis berupa gambar bunga yang sederhana agar lebih menarik. Finishing dari pembuatan tempat sampah tersebut adalah penambahan alas dan tutup dari tempat sampah tersebut.

Dalam pembuatan program kerja tersebut sempat mengalami kesulitan seperti susahnya dalam membalik ban tetapi akhirnya bisa diatasi. Dalam pembuatannya juga membutuhkan waktu yang lebih lama karena proses cat yang harus menunggu kering. Dhea serta kelompok KKN Giat 6 berharap hal ini sebagai langkah awal masyarakat untuk mengetahui pentingnya penerapan kebersihan di lingkungan sekitar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline