Lihat ke Halaman Asli

Tim KKN UNNES GIAT 6 Kunjungi Wisata Desa Muncar

Diperbarui: 2 November 2023   23:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

UNNES KKN GIAT melakukan penerjunan pada hari Selasa, 24 Oktober 2023 di Kantor Kecamatan Susukan. Penerjunan tersebut diikuti oleh 110 mahasiswa GIAT 6 UNNES dan terbagi menjadi beberapa kelompok GIAT 6, Salah satunya kami yang ditempatkan di Desa Muncar. Pada hari berikutnya yaitu Rabu, 25 Oktober 2023, Kelompok KKN GIAT 6 kunjungi wisata Desa Muncar

Wisata Desa Muncar merupakan wisata yang menawarkan keseluruhan suasana yang menonjolkan keaslian desa seperti pemandangan desa alam yang indah, kuliner, homstay, kesenian dan budaya yang berada di desa.

Pak Kades Desa Muncar Bpk Khoirudin Bagas mengatakan  bahwa Desa ini memiliki banyak khas yang setiap dusunnya sudah ada dan berkembang sejak tahun 2020, Pak kades juga mengatakan bahwa pengembangan dan pemasaran wisata desa ini selalu di utamakan guna memperkenalkan supaya desa ini semakin maju, berkembang dan dikenal oleh banyak kalangan masyarakat.

 

Masing-masing dusun di Desa Muncar memiliki perannya masing-masing seperti Dusun Parean yang menyediakan homestay, sedangkan untuk Dusun  Ledok yang ditetapkan sebagai dusun religi, untuk Dusun muncar yaitu dusun kerajinan. Dusun Dukuhsari yaitu kuliner, Dusun Jaten yaitu Agrowisata, dan  Dusun Nglarangan yaitu kesenian

Kesenian yang ada disana seperti jaran kepang, tarian rodad dan karawitan. Selain seni, aspek alam dapat disaksikan secara langsung di desa wisata ini. seperti sawah dan wisata air. Paket wisata yang sudah disedikan yaitu outbound, gathering, rapat, fun game serta event lainnya.

Selain seni lokal yang ada, budaya dan kegiatan masyarakat di Desa masih terjaga misalnya seperti kegiatan kerja bakti, bertani, dan kegiatan lainnya. 

Source:

https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/ngidam_muncar

https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/7121/4597




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline