Lihat ke Halaman Asli

Mayang Latifah Nurwahyudin

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Masa Pandemi

Diperbarui: 24 Desember 2020   09:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kemampuan guru dalam mengembangkan teknologi merupakan hal penting pada abad 21. Guru diharuskan memiliki kemampuan dalam mengembangkan pembelajaran. Saat ini Indonesia sedang mengalami masa darurat covid-19, sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan aktivitas di luar rumah harus diminimalisir. Salah satunya bidang pendidikan, aktivitas sekolah dan kuliah saat ini dilaksanakan secara online untuk meminimalisir penyebaran covid-19. Dalam kondisi ini guru semakin ditantang untuk mengeluarkan ide dan kemampuannya untuk membuat media pembelajaran yang menarik, agar siswa dapat paham dengan materi yang diajarkan. 

Salah satu media yang dapat dimanfaatkan yaitu youtube. Tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial youtube merupakan bagian dari kehidupan pada abad 21. Saat ini youtube dapat dijadikan media alternatif dalam melaksanakan pembelajaran. Youtube memiliki karakteristik berbeda dengan media lainnya, karena dapat menghasilkan audio-visual yang membuat materi lebih menarik. Dengan memanfaatkan youtube, guru dapat menggunakan video yang sudah ada maupun membuat channel sendiri sesuai dengan kebutuhan materi. Guru dapat mencari materi yang sesuai dengan indikator pembelajaran di youtube, jika terdapat video yang isinya sesuai dengan materi maka dapat dibagikan kepada siswa untuk dijadikan materi ajar. Namun jika tidak menemukan video yang sesuai dengan indikator pembelajaran maka guru dapat membuat materi ajar yang baru dan dibagikan melalui media sosial youtube.

Dengan menggunakan media pembelajaran youtube, siswa dapat mengulang video materi berkali-kali hingga paham akan materi tersebut. Video tidak akan hilang sampai pemilik akun video menghapusnya, hal ini dapat dijadikan kelebihan menggunakan media pembelajaran youtube, karena siswa dapat mengulang materi jika tertinggal. Akan tetapi hal ini juga merupakan tantangan seorang guru untuk dapat membuat video yang menarik agar siswa tidak merasa bosan dalam menyimak materi pembelajaran. Untuk melatih kemampuan guru dalam mengembangkan media, guru dapat mencari informasi tutorial-tutorial yang berkaitan dengan pembuatan video pembelajaran yang interaktif. Dengan memperbanyak informasi tersebut, dapat merangsang guru untuk mendapatkan ide meningkatkan kreativitas dalam merencanakan pembelajaran yang menarik.

Youtube merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam masa pandemi. Karena dengan menggunakan media youtube siswa dapat memutar video kapanpun dan dimanapun. Tantangan dalam menggunakan media youtube ini yaitu, guru harus mampu membuat video yang menarik sehingga tidak membosankan bagi siswa. Dengan meningkatnya kasus covid-19 ini menjadikan pembelajaran jarak jauh terus berlanjut. Diperpanjangnya sekolah secara online ini merupakan masalah yang cukup berat bagi para guru, karena guru dituntut untuk membuat media pembelajaran yang interaktif agar menjadikan pembelajaran tetap berkualitas meskipun dilakukan secara online. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline