Lihat ke Halaman Asli

Mayang Arum

Mahasiswa

Strategi Pengembangan UMKM Di sektor Makanan Halal Eksplorasi Peluang, Tantangan, dan Peran Perbankan Syariah

Diperbarui: 23 Desember 2024   09:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Indonesia memiliki populasi yang cukup besar yaitu sekitar 255 juta jiwa, dan Internet of

Things (IOT) serta sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK) semakin banyak digunakan

oleh masyarakat luas, bahkan di daerah pedesaan yang terpencil. Lebih dari 65% masyarakat

Indonesia berusia di bawah 35 tahun, yang merupakan masa kerja aktif sekaligus pasar yang

dinamis dan konsumtif yang dapat dengan cepat mengadopsi teknologi baru, pasar yang dinamis

dengan tingkat adopsi teknologi yang cepat. (Wirianto, 2016) Karena memudahkan siapa saja

untuk meluncurkan bisnis di mana saja, teknologi saat ini menjadi salah satu pendorong utama

perekonomian Indonesia. Selain itu, sektor digital menawarkan sarana untuk memproduksi Siapa

pun kini dapat menjadi pengusaha, termasuk ibu dan anak, berkat pertumbuhan pasar Internet

dan situs jual beli. Siapa pun kini dapat menjadi pengusaha berkat pertumbuhan pasar online dan

situs jual beli, termasuk individu-individu muda yang ingin menawarkan kerajinan tangan, kue

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline