Lihat ke Halaman Asli

Mayamina Kamila

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga NIM 21107030014

Selamat Ulang Tahun! Sudahkah Jalani Hari Ulang Tahunmu dengan Benar?

Diperbarui: 13 Juni 2022   21:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Instagram @dreamsofdesignn

Happy birthday!

Hari ulang tahun adalah salah satu hari yang paling dinantikan karena bertambahnya umur dan hanya terjadi satu tahun sekali. Tapi, sudahkah kalian menemukan kebahagiaan yang sebenarnya di setiap ulang tahun? Apakah kebahagiaan yang dimaksud dalam ulang tahun sendiri terdapat dalam kue, tumpukan kado, atau pesta yang mewah? sudahkah kalian menjalani hari ulang tahun dengan benar hingga merasakan kebahagiaan?  Pada dasarnya perayaan ulang tahun adalah budaya non muslim, lantas bagaimana cara seorang muslim dalam menjalani hari ulang tahunnya?

Kebahagiaan di atas sekilas dapat menutup fakta bahwa kita telah menginjakkan kaki diumur baru, selangkah menjadi lebih dewasa, selangkah menuju 

banyak permasalahan yang lebih kompleks yang siap menanti setiap saat, dan waktunya untuk menentukan arah terbaik yang akan dipilih menuju masa depan.

Nabi Muhammad SAW atau Rasulullah adalah utusan Allah yang sangat istimewa. Semua makhluk Allah baik yang dilangit maupun yang di Bumi memuliakan serta menghormati beliau, bahkan sejak diciptakannya manusia pertama yaitu nabi Adam AS, Allah telah memerintahkannya untuk bersholawat. Dengan mengucapkan banyak sholawat, In Syaa Allah dapat menjadikan kita diberi syafa'at di hari akhir nanti.

Sebagai panutan utama dalam Islam Rasulullah telah mengajarkan kita berbagai hal mulai dari perkara yang wajib, halal, dan perkara sunnah untuk menyempurnakan amalan wajib. Ternyata sama dengan kita Rasulullah juga turut merayakan hari ulang tahunnya, beliau juga berharap para pengikutnya yaitu orang muslim turut merayakan ulang tahun mereka dengan cara yang telah di contohkan beliau.

Memohon Ampun Pada Allah

Tak terasa kita sudah menjalani kehidupan sekian tahun lamanya dengan rezeki yang diberikan oleh Allah, sudahkah kalian memohon ampun atas segala aturan Allah yang telah kamu langgar? Memohon ampun di sini bukan hanya secara ucapan saja, melainkan juga dengan tindakan yang mana artinya kita juga berusaha tidak melanggar larangan Allah lagi.

Puasa

Puasa bukan hanya dilakukan ketika Ramadhan dan pada hari yang dianjurkan saja, puasa juga bisa dilaksanakan di hari lainnya seperti pada hari ulang tahun yang dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Sang Pencipta karena telah diberikan umur yang panjang.

Puasa juga memiliki banyak sekali manfaat kesehatan diri kita sendiri contohnya dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, menyehatkan jantung dan ginjal, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah diabetes, meningkatkan fungsi otak dan banyak lagi. Bahkan karena banyaknya manfaat dari puasa bukan hanya orang muslim saja yang menjalani puasa ini, banyak orang non muslim berpuasa untuk menjaga kesehatannya.

Muhasabah

Muhasabah memiliki arti pandai menghitung dosa dan kesalahan sendiri, orang yang bermuhasabah hidupnya semakin bertambahnya hari akan menjadi lebih baik. Prinsip dari orang yang pandai bermuhasabah diri adalah sebaik-baiknya diri kita, lebih baik orang lain dan seburuk-buruknya orang lain, lebih buruk diri kita.

Orang yang muhasabah akan menjadi pribadi yang tidak suka menghakimi, menghina, merendahkan, dan menjatuhkan orang lain, lisannya akan terjaga, akan memiliki pemikiran yang husnudzon, tidak sinis dan tidak pandai memvonis. Banyak sekali manfaat dari muhasabah diri, maka dari itu semakin bertambahnya umur seharusnya kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi, salah satu jalan menuju pribadi yang lebih baik adalah dengan melakukan muhasabah diri ini.

Mengingat kematian

Perjalanan yang selama ini kita jalani didunia masih memiliki kisah yang amat panjang, setelah takdir kita didunia telah usai maka kita akan menjumpai kematian yang mana untuk mencapai kematian sendiri kita akan menjalani proses sakaratul maut yang amat menyakitkan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline