Lihat ke Halaman Asli

Tim Mahasiswa KKN 77 UNS Adakan Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat kepada Siswa SD

Diperbarui: 14 September 2022   15:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi PHBS oleh Mahasiswa KKN UNS kepada Siswa SD/Dok pribadi

Kegiatan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dilaksanakan dalam rangka menanamkan pentingnya PHBS sejak dini. Kegiatan yang termasuk dalam program kerja KKN UNS kelompok 77 ini diadakan di SDN 01 Mranggen, Kelurahan Mranggen, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo pada hari Selasa (02/08/2022).

Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa kelas 3 SDN 01 Mranggen. Kegiatan dimulai dengan pembukaan kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi PHBS. Salah satu indikator PHBS yaitu mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. Pemberian materi pedoman mencuci tangan yang benar menggunakan media lagu agar mudah diingat oleh siswa. Selanjutnya siswa diajak untuk praktik mencuci tangan secara langsung menggunakan air mengalir dan sabun.

Pada akhir kegiatan diadakan diskusi tanya jawab seputar materi PHBS dan pembagian handsanitizer kepada seluruh siswa kelas 3. Pembagian handsanitizer tersebut bertujuan agar siswa tetap menjaga kebersihan tangan mereka saat bepergian atau setelah beraktivitas di tempat umum ketika tidak menemukan air bersih dan sabun cuci tangan.

Kegiatan ini mendapatkan antusias yang cukup tinggi dari para siswa. Para siswa terlihat senang dan semangat saat kegiatan berlangsung. Kegiatan ini juga berhasil diselenggarakan berkat dukungan dan bantuan dari para guru SDN 01 Mranggen.

Dengan menanamkan kebiasaan berperilaku hidup bersih dan sehat pada anak sejak dini, diharapkan anak-anak terhindar dari penyakit dan terwujudnya lingkungan hidup yang sehat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline