Lihat ke Halaman Asli

Sukses Penyusunan CV dan Persiapan Wawancara Kerja

Diperbarui: 13 Desember 2023   11:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

doc. penulis

Agar siswa dapat bersaing di dunia saat ini di mana kondisi kerja ditentukan oleh ekonomi global, mereka perlu mengembangkan keterampilan abad 21. Keterampilan abad 21 adalah 12 kemampuan yang dibutuhkan siswa saat ini untuk berhasil dalam karir mereka di era informasi, yang terdiri atas berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, komunikasi, literasi informasi, literasi media, literasi teknologi, fleksibilitas, kepemimpinan, inisiatif, produktivitas, dan keterampilan sosial. Terlepas dari tantangannya, siswa perlu diajarkan dengan cara berbeda. Sehingga penting bagi siswa untuk memiliki soft skills guna mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja. Bagi siswa SMK, tentu mereka berharap akan langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Dengan demikian, perlu persiapan yang matang agar mereka dapat melalui berbagai tahap tes seleksi untuk mendapatkan pekerjaan.

Dengan adanya kegiatan pelatihan soft skills bagi siswa SMK seperti workshop membuat lamaran kerja, strategi menjawab pertanyaan wawancara, dan membuat CV, diharapkan mereka mampu meningkatkan keterampilan yang dimiliki agar siap memasuki dunia kerja. Pelatihan soft skills bagi siswa SMK ditujukan agar siswa mendapatkan pembekalan berupa motivasi dan pemahaman tentang soft skills untuk persiapan memasuki dunia kerja. Sasaran dari kegiatan pelatihan ini adalah siswa salah satu SMK di Kelurahan Jatinegara Kaum.

Kegiatan dilaksanakan pada 20 September 2023 di salah satu ruang kelas. Kegiatan ini dilakukan dengan menggabungkan beberapa metode, seperti ceramah, diskusi, dan juga latihan. Ada beberapa kegiatan dalam bentuk workshop yang dilakukan seperti membuat lamaran kerja, strategi menjawab pertanyaan wawancara, dan membuat CV.

Pemateri dari tim pelaksana menyampaikan beberapa hal yang dapat dilakukan oleh siswa agar cepat mendapatkan pekerjaan setelah lulus, seperti: rajin mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan, memperbanyak pengalaman, memperluas koneksi, menyusun CV dan resume yang singkat dan komprehensif, serta mempersiapkan diri untuk wawancara. Ada beberapa website yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan seperti Jobstreet, Glints, Karir, dan lain-lain. Selain dengan metode ceramah, materi juga dipaparkan menggunakan video pembelajaran relevan. Kegiatan ini memberikan pengetahuan baru bagi siswa mengenai hal-hal yang perlu disiapkan saat akan mencari kerja setelah lulus sekolah. Setelah pemaparan materi, tim pelaksana mendampingi siswa dalam menyusun daftar riwayat hidup dan resume. Peserta diminta memaparkan hasil projeknya. Kegiatan diakhiri dengan doa dan penutup.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline