KKN BTV 3 KELOMPOK 50 UNEJ 2021 : Memberikan Literasi Model Pembelajaran yang Menyenangkan untuk Meningkatkan Kemampuan, Pengetahuan dan Keterampilan Siswa dalam Belajar pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Grogol Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang.
Jombang merupakan Kabupaten yang terletak di bagian tengah Provinsi Jawa Timur, luas wilayahnya 115.950 Ha : 1.159,50 km². Letak wilayahnya pada 7.20' dan 7.4' Lintang selatan 5.20°-5.30° Bujur timur°. Pusat kota Jombang terletak di tengah-tengah wilayah 64 Kabupaten, memiliki ketinggian 44 meter di atas permukaan laut, dan berjarak 79 km (1,5 jam perjalanan) dari barat daya Kota Surabaya. Jombang memiliki posisi yang sangat strategis karena berada di persimpangan jalur lintas utara dan selatan Pulau Jawa (SurabayaMadiun-Yogyakarta), jalur Surabaya-Tulungagung, serta jalur MalangTuban. Kabupaten Jombang sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Lamongan, di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Kediri, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto, sedangkan di sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Nganjuk.
Secara administratif luas cakupan Kabupaten Jombang terdiri dari 21 Kecamatan dan 301 desa, Kecamatan yang terluas adalah Kecamatan Kabuh (13,233 Ha) dan yang terkecil Kecamatan Ngusikan (34,980 Ha). Pemerintahan Kabupaten Jombang dipimpin oleh seorang Bupati dan wakil bupati yang membawahi koordinasi atas wilayah administrasi kecamatan yang dikepalai oleh seorang camat. Kecamatan dibagi lagi menjadi desa dan kelurahan yang dikepalai oleh kepala desa dan seorang lurah. Seluruh camat dan lurah merupakan jajaran pegawai negeri sipil dilingkungan pemerintah Kabupaten Malang, sedangkan kepala desa dipilih oleh setiap warga desa setiap periode tertentu dan memiliki sebuah pemerintahan desa yang mandiri. Desa grogol merupakan salah satu desa yang terdapat di Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur. Desa Grogol ni terdiri dari 6 dusun, yakni Dusun Grogol, Dusun Dempok, Dusun Bogem, Dusun Tawar, Dusun Sentenan, dan Dusun Bongsorejo.
Kebijakan Pemerintah Indonesia dalam bidang pendidikan untuk proses pembelajaran saat ini yaitu dilakukan secara online atau daring. Lembaga pendidikan sekolah di Desa Grogol juga melakukan proses belajar dengan online melalui media dan perangkat seperti smartphone. Media belajar online yang lebih menarik secara online juga akan mendorong anak-anak atau siswa untuk lebih termotivasi dalam belajar.
Desa Grogol ini memiliki sebuah lembaga bimbingan belajar bersama yang membantu anak-anak terutama siswa SD untuk belajar langsung bersama ditengah masa pandemi covid dikarenakan model belajar secara online yang tidak bisa dilakukan secara tatap muka. Bapak Agus selaku pemiliki dan pengajar di lembaga bimbingan belajar bersama tersebut mendampingi anak-anak dalam belajar secara langsung.
Model belajar yang menyenangkan akan membuat anak-anak menjadi semangat dalam belajar dan tidak membuat bosan. Penyediaan reward dalam proses belajar juga sesekali harus diberikan karena akan menambah motivasi belajar bagi anak dan berdampak akan mendapatkan prestasi dari anak tersebut. Selain itu, pengetahuan, kemampuan dan kreativitas dari anak sendiri akan meningkat jika semangat belajar dan motivasi yang tinggi telah diberikan.
Permasalahan yang terjadi yaitu model belajar siswa ditengah masa pandemi covid 19 yang membuat sedikit membosankan dan kurang menyenangkan, selain itu, tingkat kepahaman dan pengetahuan siswa sekolah juga semakin menurun. Kebijakan pemerintah Indonesia mengharuskan belajar secara online dan tatap muka yang biasa dilakukan pada proses belajar sudah pasti terhambat,. Siswa juga memiliki waktu yang sedikit untuk berkumpul dan bermain di umur yang seharusnya mereka lakukan. Adapun lembaga bimbingan belajar di Desa sasaran yaitu desa Grogol ini hanya dilakukan beberapa hari dalam seminggu, namun berdasarkan dari wawancara siswa yang mengikuti proses belajar disana pun seperti kurang semangat dan membosankan. Rekomendasi model belajar dengan adanya reward atau hadiah untuk siswa akan memberikan motivasi dan semangat yang lebih meningkat pada anak-anak.
Permasalahan dalam model belajar di lembaga sekolah desa sasaran juga masih belum meningkat. Sekolah didesa Grogol terutama MI NURUL IMAN Dempok masih menggunakan model belajar online menggunakan Google form dan tidak ada tatap muka langsung. Siswa dari sekolah tersebut juga terbukti masih kurang memahami dengan baik beberapa materi yang diberikan karena keterbatasan model belajar dan waktu. Penyediaan model belajar online dengan media yang baru dan dapat diakses oleh siswa secara menyeluruh serta mudah akan membuat proses belajar menjadi efisien dan mampu memberikan materi yang baru dengan baik, selain itu diharapkan siswa mampu memahami materi yang diberikan dan pengetahuan serta semangat belajar siswa semakin meningkat.
Program kerja yang saya tawarkan yaitu terdiri dari 3 program kerja diantaranya media belajar online, lomba menggambar poster dan lomba cerdas cermat. Program kerja yang pertama yaitu media belajar online. Mahasiswa KKN dapat merekomendasikan serta melakukan pendampingan kepada guru siswa untuk membuat video pembelajaran yang menarik, kreatif dan mudah dipahami. Video dengan tampilan yang menarik bertujuan agar para siswa tidak bosan saat melakukan pembelajaran daring serta dapat meningkatkan motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran. Program kerja yang kedua yaitu pengadaan lomba menggambar poster.
Kegiatan ini dapat menambah kreativitas dan kemampuan anak dalam berimajinasi yang dituangkan dalam gambar. Kegiatan menggambar poster ini dilakukan oleh para siswa dengan tema "Pentingnya kesehatan dan kebersihan terutama pada masa pandemi covid-19 dengan tujuan agar para siswa belajar tentang protokol kesehatan yang harus diterapkan serta, kebersihan yang harus selalu dijaga serta mengetahui apa saja yang dilakukan agar bisa terhindar dari penyakit covid-19, selain itu dapat menambah tingkat kreativitas para siswa. Program kerja yang ketiga yaitu kegiatan lomba cerdas cermat. Kegiatan ini dilakukan untuk mengasah dan meningkatkan pengetahuan para siswa mengenai wawasan kemerdekaan negara Indonesia. Tujuannya yaitu agar para siswa dapat lebih mencintai negara dan bangsanya. Kegiatan yang terakhir yaitu pemberian reward bagi siswa atau anak-anak yang berhasil menang dalam lomba tersebut.