Lihat ke Halaman Asli

Arofiah Afifi

Guru Paud.

Tips Hidup Sehat Dengan Senyuman

Diperbarui: 11 September 2022   07:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: republika.co.id

Dalam 7 tahun terakhir, saya suka sekali memperhatikan wajah dan ekspresi, tiap orang yang saya temui. Yang saya maksudkan adalah wajah orang dewasa. Namun diantara wajah laki-laki dan perempuan, saya lebih suka memperhatikan wajah perempuan, yang manis, meke up sederhana tapi rapi, dan selalu tersenyum. 

Tahukah anda, Kompasianer budiman? Selama sekian tahun saya memperhatikan wajah, ternyata saya menyimpulkan bahwa, jumlah wajah "jelek" maaf jika bahasanya tidak sopan. 

Saya ulangi lagi, bahwa jumlah wajah jelek, dari semua orang yang saya lihat, hanya sekitar 10% saja. Saya yakin dengan penelitian sederhana ini benar adanya, sehingga saya mengambil kesimpulan, jumlah orang Indonesia yang berwajah tidak cakep hanya sekitar 10% saja. Artinya 90% adalah orang dengan wajah cantik dan tampan.

Saya percaya seluruh pembaca kompasiana, termasuk pada 90% ganteng dan cantik. 

Apa alasan yang membuat saya mengambil kesimpulan demikian ? Ini alasannya:

1. Setiap wajah seseorang, pasti memiliki kelebihannya masing-masing. Misalkan bagi yang merasa wajahnya kurang enak dipandang, atau tidak percaya diri, kurang cantik, cobalah bercermin, perhatikan setiap inci dari wajah anda, meski wajahmu hitam legam, hidung mancung ke dalam, bibir tebal tak menarik, pasti akan ditemukan satu keunikan dan keindahan,  pada wajah anda. 

Misal alis yang bak bulan sabit, atau bulu mata yang lentik. Akan selalu ada satu atau dua keindahan, terpancar pada wajahmu. Apalagi kalo sudah dari sononya udah enak dipandang. Begitu juga halnya dengan kaum lelaki.

2. Tersenyumlah. Nah ini adalah syarat mutlak, merubah wajah kita, menjadi betapa cantik dan tamapannya kita. Terlihat manis, enak dipandang, terkesan ramah  dan menyenangkan. Akan tetapi, persentase yang 90% tadi, akan turun drastis menjadi 10% jika, banyak wajah cantik dan tampan kita tidak dihiasi dengan senyuman. 

Tidak ada wajah yang jelek, atau pun tidak enak dipandang, jika kita sudah tersenyum, begitu juga tidak ada wajah cantik dan tampan, jika kita sudah bermuram durja. 

Jika pembaca budiman tidak percaya, buktikan dan perhatikanlah wajah diri dan orang sekitar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline