Lihat ke Halaman Asli

Mawar Raisa

Wanira pejuang yang harus bisa sendiri

Keistimewaan Ayam Kedu Asli Magelang

Diperbarui: 20 Januari 2022   15:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Keistimewaan Ayam Kedu Asli Magelang -- Para sobat pemain ayam banyak yang belum mengetahui ayam yang berasal dari negara kita tercinta. Tidak ketinggalan dengan kabupaten temanggung dan Magelang ini juga punya ayam kebangaan asli dari daerah sana. Ayam kebanggan daerah Magelan ini ialah ayam kedu. Ayam kedu ini juga dapat di kenal dengan sebutan ayam selasih atau bisa di sebut juga dengan ayam cemani. Unggas lokal ini juga memiliki warna yang mencolok dan nampak indah karena warna nya yang hitam legam itu yang membuat nya terkenal.

Meski ayam kedu ini juga di kenal dengan warna bulu yang bewarna hitam, tetapi terdapat juga ayam kedu yang bewarna putih. Asal usul ayam kedu ini dari wilayah Kedu, Dusun Kedu, Kecamatan Temanggung dab Dusun Kalikuto, Kecamatan Grabag, Magelang.

Dulu ayam kedu di manfaatkan sebagi hewan yang biasa di persembahakan untuk ritual adat, khususnya ayam cemani ini. Seiring perkembangan jaman, fungsi ayam kedu pun bisa di pakai tidak cuman sebgai untuk ritual adat saja. Kini ayam kedu dapat menjadi ayam pedaging dan petelur, serta dapat membantu di dalam bidang pengobatan.

Ayam kedu ini sebenar nya tidak cocok untuk di jadikan ayam petarung, karena bentuk nya seperti ayam kampung yang tidak berdaya. Untuk ayam kedu cemani ini biasanya di gunakan sebagai ayam hias untuk mencantikan perkarangan rumah anda. Harga ayam kedu cemani yang original itu sangat mahal di pasaran bisa di hargai dengan nominal jutaan rupiah.

Jenis Jenis Ayam Kedu Magelang

  1. Ayam Kedu Hitam, Sesuai namanya ayam kedu satu ini memiliki warna hitam di seluruh tubuh nya, sedangkan jengger dan kloaka bewarna kemerahan.
  2. Ayam kedu Cemani, seluruh bagian tubuh sampai daging dan tulang bewarna hitam legam.
  3. Kedu Putih, Memiliki bulu yang bewarna putih
  4. Kudu Merah, Memiliki jengger bewarna merah tetapi bulu bewarna hitam.

Pada tahun sekitar 1930 masih terdapat ayam kedu yang memiliki bulu bewarna merah kekuning kungingan dan bulu hitam bergaris garis putih. Tapi kini hanya ada ayam kedu yang bewarna hitam dan putih saja yang mudah kita jumpai.

Ciri Ciri serta Karakteristik Ayam Kedu

  1. Bobot tubuh jantan sekitar 3-4 kg, sedangkan betina sekitar 2-3 kg.
  2. Ayam kedu ini dapat berusia hingga 6 sampai 8 tahun.
  3. Ayam kedu ini juga memiliki bulu yang keras, dan bulu pada bagian ekor naik menghadap ke atas.
  4. Jengger yang relatif berukuran cukup besar yang di miliki oleh ayam kedu ini.
  5. Cepat beradaptasi merupakan salah satu keistimewaan yang bisa kita temui dari ayam kedu ini.
  6. Daging terasa sangat lezat untuk di konsumsi yang di miliki oleh ayam kedu magelang.

Demikian lah informasi penting yang kami berikan sebagai pemain ayam tentang Keistimewaan Ayam Kedu Asli Magelang. Semoga dengan adanya informasi ini para sobat pemain ayam lebih mengenal tentang ayam kedu asli magelang ini. Terimakasih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline