Lihat ke Halaman Asli

Mawan Sidarta S.P.

TERVERIFIKASI

Penyuka traveling, Pemerhati sejarah (purbakala) - lingkungan - masalah sosial - kebudayaan, Kreator sampah plastik

Yang Unik di Car Free Day Surabaya

Diperbarui: 11 Mei 2016   09:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Aksi seniman kreatif dengan musik tunggalnya"][/caption]

Bila Anda ingin mengintip keceriaan warga Surabaya coba saja datangi kawasan Taman Bungkul yang ada di Jalan Raya Darmo. Di jalan itu setiap Hari Minggu mulai pukul 06.00 sampai kurang lebih jam sembilan berlangsung acara Car Free Day (CFD).

Sebuah kemeriahan yang berlangsung di sebagian Jalan Raya Darmo Surabaya, tanpa kendaraan bermotor kecuali sepeda ontel atau sepeda sport (olah raga) lainnya.

Mungkin sudah menjadi tradisi, setiap berlangsung acara CFD di Jalan Raya Darmo itu, Taman Bungkul juga tak mau ketinggalan. Di area taman yang biasa digunakan untuk senam pagi itu belakangan ini juga difungsikan sebagai tempat menyelenggarakan berbagai acara penting seperti pada Minggu (13/12/2015) kemarin berlangsung acara kampanye kekerasan seksual terhadap anak yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Surabaya.

[caption caption="Naik crane DamKar Pemkot Surabaya"]

[/caption]

[caption caption="Uji nyalih dengan menaiki crane unit DamKar Surabaya"]

[/caption]

Berbeda dengan acara CFD pada periode-periode sebelumnya, Minggu pagi kemarin CFD terlihat begitu spesial. Pasalnya dinas Pemadam Kebakaran (DamKar) Kota Surabaya juga ikut ambil bagian di kemeriahan itu. Tapi kali ini aksi unit DamKar Pemkot Surabaya itu bukan berjibaku dengan si Jago Merah melainkan turut menghibur warga Kota Surabaya dengan memberi kesempatan mereka untuk naik ke atas crane mobil DamKar. Terang saja aksi beberapa pengunjung CFD yang hendak menguji nyalihnya dengan menaiki katrol mobil unit DamKar itu mengundang perhatian banyak orang.

Di sebagian Jalan Raya Darmo mulai Jalan Mayangkara depan Perpustakaan Bank Indonesia sampai kurang lebih 2 kilometer menuju ke arah Taman Bungkul menjadi arena CFD berlangsung. Kegiatan-kegiatan menyenangkan seperti olah raga bulu tangkis, senam irama, jogging, bersepeda, jalan santai dilakukan di jalan itu. Di lokasi Taman Bungkul sendiri para pedagang kaki lima tumpah ruah menjajakan beraneka makanan dan minuman.

Beraneka macam makanan khas Jawa Timur khususnya Kota Surabaya bisa kita temukan di sekeliling taman yang telah memperoleh penghargaan internasional itu. Sebenarnya Taman Bungkul sendiri sudah memiliki sentra kuliner (foodcourt) tapi saat pelaksanaan acara rutin CFD pedagang kaki lima semakin terlihat menjubeli taman itu.

[caption caption="Aksi penari break dance di Taman Bungkul saat CFD"]

[/caption]

Kalau biasanya lokasi untuk bermain skate board atau atraksi sepeda BMX dipenuhi anak-anak muda yang menggandrungi olah raga itu tapi Minggu pagi kemarin terlihat sepi. Tempat itu penuh dengan pengunjung yang ingin menyaksikan pola tingkah penari break dance. Meski pemainnya masih amatiran nyatanya banyak juga pengunjung yang terpaku menyaksikan tarian asal Amerika itu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline