Lihat ke Halaman Asli

Mawan Sidarta S.P.

TERVERIFIKASI

Penyuka traveling, Pemerhati sejarah (purbakala) - lingkungan - masalah sosial - kebudayaan, Kreator sampah plastik

Inilah Pasar Warisan Belanda di Malang

Diperbarui: 17 Juni 2015   08:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14279001651509138561

[caption id="attachment_407089" align="aligncenter" width="500" caption="Bangunan pasar warisan Belanda yang masih tersisa"][/caption]

Meski pintu kantor pasar sudah dibuka namun pagi itu suasana dalam kantor masih terlihat sepi. Kepala pasar belum datang. Sambil menunggu kedatangan beliau, saya mencoba berkeliling pasar untuk melihat-lihat keadaan pasar yang sebenarnya.

Langkah saya terhenti sejenak ketika seorang pria tua menyambut kedatangan saya dengan ramahnya. “Dari mana dik?” tanya Pak Sampun, pria tua itu. “Gresik pak” jawabku dengan suara sedikit bergetar.

Kami beramah-tamah dan Pak Sampun bercerita banyak hal tentang pasar ini. Asal tahu saja, di usianya yang sudah menginjak 70 tahun, pria tua itu masih terlihat bugar. Beliau dipercaya sebagai koordinator paguyuban para pedagang Pasar Oro-oro Dowo Malang.

[caption id="attachment_407091" align="aligncenter" width="400" caption="Tampak depan Pasar Oro-oro Dowo Malang"]

1427900380768306649

[/caption]

Pak Sampun tahu betul tentang sejarah pasar ini. Pemilik 8 lapak ini mengisahkan bahwa dulu Pasar Oro-oro Dowo merupakan tempat tawanan para serdadu Belanda saat bala tentara Jepang merangsek masuk untuk mengambil alih wilayah Malang ini.

“Pasar ini sudah ada sejak tahun 1920-an dik” terang Pak Sampun memulai ceritanya pagi itu.

Saat berjalan mengitari pasar ini saya menjadi tahu kalau pasar ini memang tidak terlalu besar. Luasnya sekitar 3407 meter persegi. Pasar Oro-oro Dowo termasuk pasar tradisional tapi sejajar dengan pasar modern, itu terlihat dari para pembeli yang sebagian besar berasal dari golongan menengah ke atas.

“Ada sekitar 180 pedagang yang membuka lapak di pasar ini” lanjut Pak Sampun.

[caption id="attachment_407092" align="aligncenter" width="400" caption="Salah satu zona dalam pasar"]

1427900592791981875

[/caption]

Beliau mengakui kalau barang-barang kebutuhan yang dijual di pasar ini harganya sedikit lebih mahal ketimbang di pasar tradisional lainnya. Namun kualitasnya memang tak mengecewakan.

Berbagai kebutuhan pokok (sembako) seperti sayur, buah, ikan dan ayam dijual dalam keadaan masih segar. Di pasar ini disediakan pula tempat pemotongan khusus ayam dan ikan. Pasar Oro-oro Dowo bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Petanian untuk mengendalikan kualitas bahan yang dipasarkan di sini.

Belum selesai saya berbincang-bincang dengan Pak Sampun, salah seorang pedagang memberitahu saya kalau kepala pasar sudah datang. Perbincanganpun akhirnya saya lanjutkan dengan Ibu Endang Sri Sundari selaku kepala Pasar Oro-oro Dowo Malang.

[caption id="attachment_407095" align="aligncenter" width="400" caption="Lapak penjual oleh-oleh"]

1427900846582417265

[/caption]

“Oleh pemkot Malang, Pasar Oro-oro Dowo ini dicanangkan sebagai bangunan cagar budaya” ungkap Bu Endang.

Bila diamati pasar ini termasuk bersih dan rapi. Area pasar dibagi menjadi beberapa zona. Pembeli bisa dengan mudahnya mendatangi setiap zona yang ada sesuai barang kebutuhan yang dicarinya. Seperti kebanyakan pasar tradisional lainnya, tak ada komoditas khusus yang dijual di pasar ini. Rata-rata lapak yang ada menyediakan sembako dan beraneka barang pelengkap lainnya.

Bila Anda ingin mencicipi nikmatnya beragam kuliner khas Jawa Timur seperti nasi rawon, lontong sayur, nasi campur, beragam jajanan dan lainnya maka kunjungi saja pasar ini setiap hari mulai pukul 05.00 (pagi) sampai 17.00 (sore) kecuali pada Hari Raya idul Fitri, pasar ini libur.

[caption id="attachment_407097" align="aligncenter" width="400" caption="Lapak penjual kuliner ala Pasar Oro-oro Dowo Malang"]

14279010341613620494

[/caption]

Selain aktivitas jual-beli yang dilakukan para pedagang dan pembeli, setiap kurun waktu tertentu di pasar ini juga diselenggarakan acara arisan yang diprakarsai oleh para pedagang Pasar Oro-oro Dowo itu sendiri.

Menurut Bu Endang, Pasar Oro-oro Dowo bukan sekedar pasar sembako biasa, lebih dari itu ia merupakan pasar percontohan bagi daerah lain. Berbagai penghargaan pernah diraih oleh pasar ini mulai tingkat regional hingga nasional. Pasar cagar budaya ini tidak jarang juga didatangi wisatawan asing. Sambil berbelanja, para turis asing itu mungkin ingin bernostalgia di pasar yang terletak di Jalan Guntur 20 Malang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline