Lihat ke Halaman Asli

Maulidia Fajriah

Mahasiswa di Universitas Singaperbangsa Karawang

KKN Unsika 2023: Pembuatan Plang Nama Dusun sebagai Salah Satu Proker Utama

Diperbarui: 12 Oktober 2023   15:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sejak dibukanya Kulian Kerja Nyata 2023 oleh Ibu Ratih Kurniasari S.GZ., M. Gizi. selaku Dosen Pembimbing Lapangan Di Desa SindangKarya pada Senin (4/9), sebanyak 34 Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang telah bertekad untuk memberikan pengabdian terbaik kepada Desa SindangKarya.

Berdasarkan perhitungan pada tahun 2023 oleh administrasi Pemerintahan Desa, jumlah penduduk di Desa Sindangkarya sebanyak 3.770 jiwa dengan rincian 1711 jiwa diantaranya laki-laki dan 1659 jiwa adalah perempuan. Banyaknya penduduk di Desa Sindangkarya mampu mempengaruhi banyak hal, salah satunya adalah penggunaan kendaraan bermotor di Desa Sindang Karya dan adapun beberapa kali masuknya mobil truck besar pengangkut padi.

Penanaman nama jalan dusun atau lokasi tertentu merupakan salah satu hal yang penting dalam pola ruang wilayah. Dengan adanya papan nama jalan dusun, maka dapat mempermudah Masyarakat sekitar maupun Masyarakat pendatang dapat mengenali lokasi tertentu. 

Menjadi salah satu program kerja KKN di Desa Sindangkarya pemasangan plang nama jalan, dalam melaksanakan kegiatan pemasangan plang nama jalan dusun ini dilakukan secara bergotong royong. Pemasangan plang nama jalan dusun ini sangat diharapkan dapat berkelanjutan secara menyeluruh di wilayah lainnya, sehingga jika dilihat secara fungsi dan manfaatnya bagi masyarakat dalam desa maupun pengguna jalan lainnya akan sangat berguna dan bermanfaat. Di sisi lain maksud dan tujuan dari pemasangan papan informasi atau plang nama jalan dusun adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat dan pengguna jalan lainnya yang ingin mencari informasi  lokasi atau wilayah tertentu di Desa Sindangkarya

Selain itu, dengan adanya papan nama jalan dusun akan membuat desa tersebut tampak tertata dan terkelola dengan baik, sehingga akan mudah dikenali. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Universitas Singaperbangsa Karawang dari kelompok Sindangkarya 1 melakukan program kerja pembuatan plang nama jalan dusun di Desa Sindangkarya, Kecamatan Kutawaluya, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.

Tim KKN yang bertugas menjadi penanggung Jawab dalam program kerja ini yaitu dari mahasiswa prodi Teknik Industri yang dikerjakan bersama dengan seluruh anggota kelompok karena program kerja pemasangan plang ini merupakan salah satu dari tiga program utama dari kelompok Sindangkarya ini yang dibimbing oleh DPL yaitu Ibu Ratih Kurniasari, S.GZ., M. Gizi.

Kegiatan ini dilakukan selama 1 hari pada tanggal 1 Oktober 2023 yang bertempat di Desa Sindangkarya, Kecamatan Kutawaluya, Kabupaten Karawang. Sebelum membuat plang nama jalan dusun penanggung jawab kegiatan melakukan koordinasi dan menjelaskan ide pembuatan plang nama jalan dusun ke perangkat desa dan warga desa. Hal ini dilakukan untuk memastikan nama jalan maupun dusun yang ada di sekitar Desa Sindangkarya dan titik dalam penempatan plang namanya benar sehingga mempermudah dalam penulisan dan pemasangannya.

Setelah memperoleh persetujuan dari semua pihak, tim KKN melakukan pembelian material bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan plang. Bahan-bahan tersebut antara lain: papa aluminium, plang kayu sepanjang 2 meter, mur/paku, semen, dan pasir.

Setelah material bahan dan alat yang dibutuhkan tersedia, pada hari kegiatan 1 Oktober tim KKN UNSIKA langsung melakukan pembauatan plang nama jalan dusun yang akan dipasang. Plang nama jalan dusun tersebut akan dipasang di 4 titik dusun yang ada di Desa Sindangkarya tersebut yaitu Dsn. Krajan I-A, Dsn. Kobak Bali, dan Dsn. Babakan Loa.

Pihak desa maupun warga sangat mendukung program kerja ini, Mahasiswa KKN mendapatkan respons positif karena telah melihat kebutuhan Desa dan telah berusaha untuk memajukan Desa Sindangkarya terlebih dalam hal petunjuk jalan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline