Masa Pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih tinggi penularannya di Indonesia terutama di kota Yogyakarta membuat pemerintah membuat kebijakan yang sedikit menimbulkan kerugian ekonomi terhdap para pengusaha karena diterapkannya lockdown di beberapa daerah, kemudian akan berdamapak kepada penjualan produk/ jasa yang membuat ekonomi perusahaan tersebut menurun. banyak perusahaan dan umkm yang memutar otak agar usaha mereka tetap bertahan.
Para penjual baik umkm dan perusahaan besar saat ini berlomba lomba agar tetap bertahan dan tidak mengalami kebangkrutan dengan cara melakukan pemasaran yang lebih agar para konsumen menjadi tertarik terhadap produk tersebut kemudian akan menyelamatkan perusahaan atau umkm tersebut dari kebangkrutan
Dalam kalangan pengusaha hal ini tentu menjadi tantangan dalam bisnis yang mereka rintis agar bisa tetap bertahan dalam arus persaingan usaha terutama dalam masa pandemi seperti ini. Banyak pengusaha maupun bisnis baik sekala kecil, menengah sampai besar yang berada di kota Yogyakarta dalam kondisi pandemi. Maka dari itu diperlukan strategi dalam memasarkan agar dapat mendongkrak pendapatan dan omset perusahaan. adalah dengan iklan pemasaran
Dalam pemasaran terdapat banyak jenis iklan yang digunakan, mulai dari iklan outdoor maupun indoor. Iklan outdoor merupakan iklan yang sering dipakia dalam melakukan pemasaran karena paling benyak menjadikan keuntungan bagi pemilik bisnis terutama penggunaan billboard. Billboard merupakan bentuk promosi iklan jenis outdoor dengn ukuran yang besar yang terletak pada tempat yang cukup tinggi dan strategis/dilalui banyak orang. Berikut adalah Billboard dari salah satu bisnis makanan oleh oleh dan analisisnya:
Sebuah perusahaan yaitu Bakpia Mutiara yang memproduksi makanan berupa oleh-oleh khas kota Yogyakarta yang mencantumkan promosi berhadiah smart phone terkini pada iklan pada billboard seperti pada gambar diatas. Tujuan dari hal tersebut untuk meningkatkan daya jual produk tersebut serta meningkatkan citra dari perusahaan sendiri.
Dalam iklan billboard tersebut terdapat komunikasi visual berupa tanda-tanda pada poster bakpia mutiara dengan maksud memberikan informasi kepada masyarakat luas terkait dengan iklan dari produk tersebut
Pada gambar diatas merupakan brand Ambasador . dengan ekspresi tersenyum. Kebanyakan orang tersenyum menyampaikan kebahagiaan dan rasa senang. Kemudain tersenyum juga memiliki makna yaitu rasa syukur, gairah, semangat harapan, dan kepuasan
Gambar pada iklan yaitu berupa Handpone Iphone 12 Pro Max yang digengam oleh model tersebut merupakan foto hadiah yang akan diberikan dari produk Bakpia Mutiara. Makna denotasi dalam gambar diatas bahwa hadiah benar benar akan diberikan oleh Bakpia Mutiara
Makna makna dalam iklan billboard tersebut adalah upaya dari pembisnis agar para konsumen tertarik terhadap produk bakpia mutiara. Kemudain dengan adanya hadiah yang diberikan oleh pihak perusahaan maka diharapkan masyarakat yang melihat iklan tersebut akan semakin tertarik terhadap produk bakpia mutiara. Hal ini membuktikan bahwa setiap perusahaan kecil sampai dengan yang besar, merka akan berusaha menawarkan produk produknya dengan tujuan untuk tetap mendapatkan keuntungan terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H