Lihat ke Halaman Asli

Maulidya Dian Nugraha

Mahasiswan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Makna Phatos, Logos, dan Ethos dalam Retorika

Diperbarui: 28 Mei 2024   20:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Oleh: Syamsul Yakin dan Maulidya Dian Nugraha

Dosen dan Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Ada tiga unsur dalam beretorika yang memiliki peran yang sangat penting, ketiga unsur penting ini dikemukakan oleh Aristoteles, yaitu:

1. Phatos

Makna pathos berati bahwa seorang komunikator harus memiliki kemampuan emosional yang baik dalam mengelola emosi, empati, dan persuasi. Melalui kadar empati dan persuasi tersebut akan terbangun komunikasi yang produktif

Dalam konteks komunikasi, pathos mengacu pada kemampuan seorang komunikator untuk mengelola emosi, menunjukkan empati, dan membangun persuasi melalui pesan yang disampaikan.

2. Logos

Menurut retorika klasik , logos merupakan sarana persuasi dengan menunjukkan bukti logis, nyata.

Logos merupakan salah satu konsep penting dalam retorika dan komunikasi. Dengan menggunakan logos, pembicara dapat membangun argumen yang kuat dan meyakinkan. Oleh karena itu, logos menjadi alat yang efektif dalam persuasi dan komunikasi.

3. Ethos

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline