Lihat ke Halaman Asli

Maulidiya Azzahra

Mahasiswa Psikologi UIN Jakarta

Gaya Belajar Bisa Diketahui Lewat MBTI, Masa Sih?

Diperbarui: 25 Desember 2023   19:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://sman1baros.sch.id

Sudah capek-capek belajar sampai tengah malam tapi tetap nggak ada kemajuan. Apa aku memang bodoh?

kamu pernah nggak sih kepikiran begini? kayaknya sudah berjam-jam berkutat dengan buku tapi tetap nggak nempel juga di kepala. Akhirnya jadi minder dengan teman-teman yang lain dan menggangap diri sendiri bodoh. Eits...sebagai gen z yang bijak nggak boleh langsung menyimpulkan demikian, lho! gimana kalau ternyata selama ini kamu hanya belum menemukan gaya belajar yang cocok?

Nah, kalau kepribadian saja bisa diketahui lewat MBTI, gaya belajar juga bisa dong! yuk cari tahu gaya belajar yang paling sesuai dengan tipe kepribadian kita. Penasaran?

Populer di kalangan Gen Z, Sebenarnya apasih MBTI itu?

Di zaman yang serba digital ini, siapa sih yang nggak familiar dengan istilah MBTI? ketika berjumpa atau sedang berinteraksi dengan seseorang, sekarang bertanya tentang MBTI masing-masing sering menjadi topik hangat yang diperbincangkan. Bahkan tidak jarang banyak orang yang mencantumkan MBTI pada bio akun media sosialnya. Ya memang MBTI lagi hype abis deh, setuju?

Nah, tapi kamu udah tahu belum sih kepanjangan dari istilah MBTI itu apa?

yupp! Myers-Briggs Type Indicator atau yang disingkat menjadi MBTI ternyata adalah alat tes psikologi untuk mengukur kepribadian seseorang. Yang diperkenalkan oleh Katharine Cook Briggs dan anaknya Isabel Briggs Myers pada tahun 1942. Bedasarkan teori psikologi Carl Jung. Ada empat domain dalam MBTI, yaitu :

Ekstrovert (E) -- Introvert (I), Intuitive (N)-- Sensing (S), Feeling (F) -- Thinking (T), Judging (J) -- Perceiving (P)

Dari ke-empat domain atau skala tersebut dapat menghasilkan 16 tipe kepribadian yang berbeda. Sekarang yuk kita kepo-in kira-kira gaya belajar mana ya yang paling sesuai sama kepribadian kita?!

Mengenal gaya belajar yang paling cocok melalui MBTI, kamu yang mana?

Dilansir dari jurnal Analisis Gaya Belajar Menurut Pengelompokan Tes Kepribadian MBTI (Alvania Claresta Sarah, A.C, Cahyono, A.M, Rayhan, A.R 2022) Menurut Storm (2018) dan Zuhroh (2021) dijelaskan bahwa 16 tipe kepribadian memiliki ciri gaya belajarnya masing-masing. kira-kira cocok nggak ya sama MBTI kita? Yuk, simak lebih lanjut!

* ISTJ

Menyukai cara belajar yang sistematis. Ia menyukai materi yang diajarkan step by step. belajar menggunakan metode repetisi/pengulangan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline