Lihat ke Halaman Asli

Maulidiya Firdausi Putri

Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya

Jenis Dukungan Sistem pada Bimbingan Konseling di Sekolah

Diperbarui: 9 Juni 2022   01:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dukungan sistem merupakan beberapa aspek yang bertujuan untuk mendukung guru BK dalam pelaksanaan  bimbingan konseling di sekolah. Selain itu, dukungan sistem merupakan kegiatan manajemen yang berguna untuk memperlancar layanan lain seperti layanan dasar, layanan responsif, dan perencanaan individual. 

Maka dari itu dalam rangka memperlancar layanan lain harus mengetahui apa saja jenis dukungan sistem bimbingan konseling yang dapat di implementasikan di sekolah.

Berikut jenis dukungan sistem penyelenggaraan bimbingan konseling di sekolah :

Pengadaan Ruang Khusus BK

Beberapa sekolah masih ditemukan ruang bimbingan konseling seadanya atau bahkan tidak memiliki ruangan khusus. Adapun ruang bimbingan konseling yang bercampur dengan ruang waka kesiswaan, kantor guru, dan UKS. Hal ini menjadi permasalahan yang harus segera dicari solusinya. Dalam melakukan pelayanan atau konseling, 

guru BK membutuhkan ruang khusus dan tidak bercampur dengan ruangan lain agar privasi peserta didik tetap terjaga. Ruang konseling juga seharusnya dapat memberikan kenyamanan peserta didik. Untuk itu diharapkan pihak sekolah lebih memperhatikan pengadaan ruang khusus bagi guru BK.

Alat Penunjang Layanan dan Bimbingan

Perlengkapan unuk menunjang pelayanan bimbingan konseling biasanya hanya menggunakan alat pribadi guru BK tersebut seperti laptop untuk membuat laporan instrument peserta didik. Kemudian menggunakan hp pribadi untuk merekam video dan suara saat melakukan konseling. 

Selebihnya beberapa sekolah masih belum mendukung dalam pemenuhan alat tersebut. Alat penunjang lain untuk layanan dan bimbingan yang dibutuhkan yakni komputer, CD interaktif, LCD, OHP, tape recorder, dan CD pembelajaran. Dengan penggunaan CD pembelajaran dan OHP, guru BK dapat menggunakannya untuk bimbingan klasikal.

Keaktifan Guru BK dalam Organisasi Profesi

Dalam upaya peningkatan dan pengembangan profesionalitas guru BK yakni dengan aktif dalam organisasi profesi seperti ABKIN. Tujuan mengikuti organisasi profesi yaitu untuk menambah kualitas dan kuantitas guru BK agar dapat memberikan layanan dan bimbingan secara tepat dan maksimal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline