Definisi Belajar dan Pembelajaran
A.Belajar
Pengertian belajar juga dapat dipahami sebagai serangkaian aktivitas psikologis yang dilakukan oleh setiap individu sedemikian rupa sehingga perilakunya sebelum dan sesudah belajar berbeda.Perubahan tingkah laku atau reaksi karena pengalaman, hikmah / pengetahuan baru setelah kegiatan belajar dan praktek. Arti belajar adalah suatu proses perubahan kepribadian seseorang, perubahan itu berupa peningkatan kualitas tingkah laku, seperti peningkatan pengetahuan, keterampilan, daya pikir, pemahaman, sikap dan masih banyak kemungkinan lainnya.
Menurut Thursan Hakim, belajar adalah proses perubahan kepribadian manusia yang diwujudkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas perilaku seperti peningkatan keterampilan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir. dan Kemampuan lainnya.
Menurut C. T. Morgan, pengertian belajar adalah suatu perubahan relatif dalam perilaku yang ditentukan, yang merupakan konsekuensi atau hasil dari pengalaman masa lalu.
B.Pembelajaran
Pembelajaran yang diidentikkan dengan kata "mengajar" berasal dari kata dasar "ajar" yang berarti petunjuk yang diberikan kepada orang supaya diketahui (diturut) ditambah dengan awalan "pe" dan akhiran "an menjadi "pembelajaran", yang berarti proses, perbuatan, cara mengajar atau mengajarkan sehingga anak didik mau belajar. Pembelajaran adalah proses interaksi siswa dengan pendidik dan sumber belajar di lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan penunjang pendidik agar proses perolehan pengetahuan, keterampilan, penguasaan keterampilan, kebiasaan, pembentukan sikap, dan rasa percaya diri pada peserta didik dapat berlangsung. Dengan kata lain, belajar adalah suatu proses yang membantu siswa belajar dengan baik.
Pembelajaran juga mencakup interaksi antara guru dan siswa. Pembelajaran adalah suatu sistem yang dimaksudkan untuk menunjang proses belajar siswa, terdiri dari serangkaian peristiwa yang dirancang dan diselenggarakan sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung proses belajar internal siswa.
Sumber Pembelajaran
Sumber belajar dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu sumber belajar yang dirancang dan sumber belajar yang digunakan.
Sumber daya pendidikan dirancang sebagai sumber daya pendidikan yang dapat digunakan untuk tujuan belajar mengajar. Misalnya: buku, brosur, film, video, ensiklopedia Sedangkan Sumber belajar yang digunakan adalah sumber belajar yang dapat membantu seseorang untuk lebih mudah belajar dari lingkungan sekitar. Misalnya: pasar, museum, tokoh masyarakat. peran pembelajar sangat penting dalam memanfaatkan sumber-sumber belajar yang tersedia untuk membantu pemelajar belajar agar lebih mudah, lebih terarah serta lebih menarik. Oleh sebab itu, agar sumber belajar dapat dimanfaatkan secara optimal dan dapat menghasilkan nilai tambah, berikut manfaat dari sumber belajar: