Lihat ke Halaman Asli

Maulidatul maghfiroh

Mahasiswa IAIN Jember prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir

Waspad, Kalau Jadi Mahasiswa Baru!

Diperbarui: 3 November 2019   01:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Mahasiswa terkenal dengan otak kreatif nya. Dimana mereka harus mengawalinya dengan menjadi MABA Mahasiswa Baru. Kebanyakan dari para mahasiswa baru ini sering disibukkan dengan banyak pembayaran. Iyah seperti pembayaran buku, pembayaran penunjang kuliah, pembayaran apapun. Yah kayaknya itu harus ada aja yang dibeli, maklum efek dari mahasiswa baru.

Karena banyaknya pengeluaran menjadi mahasiswa baru ini sehingga mereka minta uang kepada orang tua dengan alasan untuk pembayaran.  Yah jangan sampai aja uang yang dikasih orang tua untuk pembayaran itu digunakan untuk kebutuhan pribadi. Mumpung masih menjadi semester awal yang belum disibukkan dengan banyak nya tugas jadi mereka sering belanja belanja mengikuti gaya gaya tren kekinian. Sehingga uang untuk pembayaran itu biasanya bisa saja jadi korban untuk belanja tren kekinian itu.

Asal mereka tau bahwa dengan kita menggunakan uang untuk belanja atau shoping atau main atau hanya nongkrong dengan teman teman yang mengeluarkan uang dengan uang pembayaranyang kita minta dari orang tua itu termasuk korupsi. Banyak yang tidak sadar bahwa kita membuat pembayaran untuk kegiatan begitu termasuk korupsi. 

Bisa diartikan arti dari korupsi adalah tindakan seseorang yang menyalahgunakan kepercayaan dalam suatu masalah atau organisasi untuk mendapatkan keuntungan. Berarti kita mengambil keuntungan uang itu yang aslinya digunakan untuk pembayaran malah digunakan untuk belanja tren tren itu. Jadi jangan sampai benih benih korupsi ada pada diri kita karena yang aslinya uang untuk pembayaran digunakan untuk kebutuhan pribadi. Jangan buat kebiasaan pada diri kita dengan hal hal semacam itu. Hindari lah dalam diri kita agar tidak tidak terjadi. 

Karena mahasiswa dulu juga pernah menjadi mahasiswa baru mungkin kebanyakan ada yang pernah melakukan itu. Buat para mahasiswa baru waspada lah bahwa kegiatan yang kayak begitu dikatakan korupsi. Jadi kalau mau minta uang kepada orang tua jujur aja kalau mau buat pembayaran yah harus buat pembayaran aja, jangan diulur-ulur kalau mau bayar takutnya uang itu digunakan seperti itu tadi. Kalau mau senang senang seperti belanja, mengikuti tren, nongkrong. Yah tidak papa asalkan tidak membuat uang untuk pembayaran. Bilang aja ke orang tua bahwa kita juga butuh uang jajan untuk kebutuhan kita, yang jelas pasti dikasih lah. Tapi tidak juga selalu dihabiskan untuk yang tidak harus dibeli. 

Salam dari mahasiswa baru juga. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline