Lihat ke Halaman Asli

Maulida Safitri

Tadris IPS-2/IAIN JEMBER

Filsafat Pendidikan Progresivisme dan Tokoh-tokohnya

Diperbarui: 14 Mei 2020   18:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

1. Pengertian Filsafat Pendidikan Progresivisme

          Aliran Progresivisme mengutamakan tentang masa depan. Aliran ini menekankan pada pertumbuhan dan perkembangan sikap, mental, dan mampu memecahkan masalah dengan kepercayaan yang dimiliki peserta didik.

          Ciri-ciri filsafat Progresivisme yaitu manusia dapat menghadapi lingkungan dengan pikiran yang dimiliki manusia. Aliran ini berhubungan dengan aliran lainnya. Aliran ini bisa membawa pembaharuan dengan kemajuan, perubahan, dan tujuan tertentu. Aliran ini tidak suka dengan model pendidikan yang absolut dan otoriter.

2. Tokoh-Tokoh Filsafat Pendidikan Progresivisme

     A. William James

          seorang filsuf yang berpendapat bahwa pikiran mempunyai fungsi ialah pelajaran yang dipelajari dari pengetahuan alam.

     B. John Dewey

          Filsuf yang berpendapat bahwa pengetahuan yang didapat merupakan hasil pengalaman yang dialami.

          Menurut hasvanger dalam pendidikan praktis memiliki arti sebagai pelajaran yang sederhana dan siswa harus aktif dalam proses belajar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline