Lihat ke Halaman Asli

Maulida Rohmatul Laili

Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Kediri

Mahasiswa KKN IAIN Kediri Mengikuti Rangkaian Upacara Nyadran di Desa Kerep, Tarokan

Diperbarui: 7 Agustus 2023   11:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi 

Mahasiswa KKN IAIN Kediri turut serta hadir dalam rangkaian acara nyadran sebagai bagian dari kegiatan Bersih Dusun Cabak Desa Kerep, Tarokan Kabupaten Kediri (29/7).

Prosesi nyadran digelar di tiga dusun dengan waktu yang sudah ditetapkan pada forum musyawarah desa. Upacara pertama dilakukan di Dusun Cabak pada (29/7) kemudian direncanakan akan dilaksanakan kembali upacara nyadran pada (9/8) di Dusun Kerep dan di Dusun Balongasem pada (13/8). Sebelum kegiatan dilaksanakan masyarakat desa gotong royong membersihkan area pemakaman yg akan digunakan untuk acara nyadran.

Upacara Nyadran dilaksanakan pukul 06.00 WIB di Makam Dusun Cabak diikuti oleh seluruh masyarakat Desa Kerep. Masyarakat Dusun Kerep membawa Lengkong, sejenis berkat yang diwadahi pelepah pisang yang dibentuk kotak. Ada sebagian warga yang membawa Ambeng, yang berisi ingkung ayam utuh lengkap beserta lauk pauknya. 

Masyarakat Desa Kerep berkumpul melaksanakan tahlil dan doa bersama yang dipimpin oleh sesepuh desa. Selesai acara Lengkong dan Ambeng yg sudah dikumpulkan dan didoakan dibagikan kembali kepada masyarakat. Siang harinya digelar pertunjukan wayang di area Makam Dusun Cabak sampai sore hari. Kemudian pagelaran wayang dilabjutkan di rumah Kepala Dusun Cabak sampai pagi hari.

Dokumentasi Pribadi

Herman Effendi selaku Kepala Desa Kerep mengatakan bahwa nyadran ini merupakan acara tahunan yang rutin digelar pada bulan Suro untuk mendoakan arwah leluhur sesepuh Desa setempat. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline