Pandemi Covid 19 masa pandemi yang tidak terduga dimana situasi dan kondisi mengalami kendala yang menyebabkan para siswa ,guru dan orang tua ketidaksiapan dalam melakukan sistem yang diterapkan yaitu melakukan sistem pembelajaran jarak jauh yang telah dirasakan oleh seorang siswa Fulanah siswa yang menduduki kelas 1 Smp.
Fulanah adalah siswa yang menjadi salah satu dari jutaan siswa di lingkungan sekolah dituntut untuk tetap bersekolah di tengah berbagai keterbatasan selama Pandemi , Fulanah mengalami keresahan yang dialaminya dalam melakukan kegiatan pembelajaran yang sebagai mana Fulanah sulit untuk mengerti pembelajaran sebagai mana Fulanah tidak dapat berinteraksi secara langsung dan aktif dengan guru.
Fulanah dikatakan oleh guru - guru di lingkungan sekolah sebagai murid yang berprestasi dan aktif dalam pembelajaran berlangsung di ruangan kelas ,setiap adanya pertanyaan yang di berikan oleh bapak / ibu guru Fulanah sangat aktif dalam menjawab pertanyaan yang telah diberikan.Fulanah selama masa pandemi melakukan pembelajaran daring melalui media pembelajaran online yang telah di sepakati oleh bapak / ibu guru di lingkungan sekolah yaitu seperti aplikasi ;
1.goggleclassroom
2.zoom
3.ruang guru
Seluruh pembelajaran menggunakan gawai sehingga Fulanah merasa ke tidakpuasan dalam pembelajaran dan permasalahan yang dirasakan oleh Fulanah jenuh . Fulanah dalam memegang Hp dalam keadaan waktu lama dan pembelajaran sedang dimulai Fulanah mengalami sakit mata apabila terlalu berhadapan dan memegang Hp saat terlalu lama guru memberikan pembelajaran sekolah daring.
Orang tua Fulanah mengalami berbagai kendala melihat kondisi pembelajaran anaknya yang sangat tidak memungkinkan dalam waktu lama ,sebagaimana orang tua Fulanah memikirkan strategi bagaimana kondisi anaknya yang melakukan pembelajaran online daring yang menjadi hambatan dalam materi menjadi sulit dipahami dan banyaknya tugas yang diberikan melalui daring bisa menumpuk dan Fulanah sulit untuk membagi waktu untuk mengerjakan nya dan merasa kewalahan yang dialami nya pada saat itu, ketidakseimbangan waktu belajar yang minim karena dimana sulit untuk mencari alternatif pembelajaran yang ingin digunakan oleh Fulanah.
Para bapak ibu guru di lingkungan sekolah Fulanah berkata melakukan pembelajaran yang ditetapkan dalam kendala dan kondisi pandemi yang sedang berlangsung perubahan interaksi di saat pembelajaran daring merupakan dampak yang sejumlah siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran langsung.Para siswa dituntut harus melaksanakan pembelajaran secara individu dari rumah ,segala interaksi baik dengan guru dan juga teman-teman di ruangan kelas media pembelajaran dilakukan secara tidak langsung atau secara online daring .
Fulanah sebagai siswa kelas 1 Smp yang baru masuk ke pendidikan menengah pertama sebagai mana Fulanah memikirkan perubahan lingkungan oleh teman sebayanya ,Fulanah belum pernah bertemu dengan teman nya dan kenalan pun belum pernah dan tidak dapat belajar serta berdiskusi bersama sama .
Fulanah juga mengalami kesulitan akses melalui jaringan internet yang buruk di dalam rumahnya,sebagaimana Fulanah harus segera keluar rumah disaat mau mengumpulkan tugas online daring nya.