Di era yang serba digital ini, seorang pengusaha UMKM harus memiliki jiwa yang inovatif dan kreatif. Salah satunya yaitu dengan menerapkan peluang terjualnya produk dengan menjualnya secara live streaming. Banyak platform yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualaan secara live streaming. Antara lain yaitu TikTok shop, Shopee, Lazada dan masih banyak lagi. Dengan begitu peluang banyaknya pembeli akan meningkat, dan berpengaruh kepada peningkatan omset penjualan.
Pertimbangan seorang pembeli untuk membeli suatu produk secara live streaming meliputi banyak hal. Yaitu dengan adanya live streaming pembeli dapat melihat barang yang akan dibeli secara langsung dan jelas. Pertimbangan lainnya yaitu dengan adanya voucher yang dapat digunakan untuk memotong harga sebuah barang yang akan dibeli. Voucher tersebut dapat berasal dari platform maupun dari seorang penjual. Seorang pembeli akan sangat tertarik kepada suatu barang yang terdapat penurunan harga.
Seorang pengusaha UMKM yang tidak dapat menggunakan kemajuan teknologi untuk meningkatkan omset penjualan akan merasa kesusahan. Persaingan dengan banyak pengusaha UMKM lain harus diimbangi dangan adanya inovasi dan kreasi yang harus dimiliki. Seorang pengusaha harus memanfaatkan perkembangan teknologi dan melek akan tren masa kini untuk meningkatkan omset penjualan. Perlu adanya pemberdayaan bagi UMKM agar dapat menguasai serta mengaplikasikan perkembangan teknologi untuk meningkatkan omset penjualan. Sehingga, seorang pengusaha UMKM dapat menarik lebih banyak pembeli di seluruh penjuru negeri.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H