Lihat ke Halaman Asli

Eksis! Mahasiswa KKN Undip Membuat Spot Foto di Pantai Nampu

Diperbarui: 13 Februari 2023   12:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Wonogiri (8/02/2023) - Gunturharjo merupakan desa wisata di Kecamatan Paranggupito yang memiliki potensi alam yang beragam terutama wisata pantai. Hal ini disebabkan karena wilayah Kecamatan Paranggupito berupa pesisir pantai. Adapun objek wisata yang dapat dikunjungi, yaitu Pantai Nampu, Pantai Waru, Pantai Sembukan, Pantai Pringjono, Pantai Puyangan, Pantai Karang Payung, Pantai Kalimirah, Pantai Banyutowo, Pantai Klothok, Goa Suling, dan Goa Suci Plawon.

Wisata Pantai Nampu merupakan salah satu wisata paling populer di Kabupaten Wonogiri yang berpasir putih dengan fasilitas yang sudah memadai, diantaranya area parkir kendaraan, jalan setapak, masjid, sarana MCK, serta tanda petunjuk menuju Pantai Nampu. Namun, eksistensi Pantai Nampu kurang terangkat karena banyak wisatawan diluar Kabupaten Wonogiri yang kurang mengetahui keberadaan pantai cantik ini.

Merespon hal tersebut, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro membuat program kerja "Eksistensi Pantai Nampu melalui Pemasangan Spot Foto". Spot foto tersebut dipasang disebelah tulisan Pantai Nampu, sehingga wisatawan yang baru datang selain berfoto di depan tulisan Pantai Nampu juga bisa berfoto di spot foto yang telah dibuat.

Dokpri

Tujuan diadakannya program kerja ini adalah eksistensi Pantai Nampu dapat lebih terangkat, sehingga banyak wisatawan yang berdatangan. Pelaksanaan program kerja ini juga sesuai dengan SDGs poin ke 11, yaitu Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan.

Dalam pengabdian ini, pemasangan spot foto mendapat respon yang positif dari masyarakat, dengan difasilitasinya alat-alat yang digunakan untuk membuat spot foto. Spot foto ini terbuat dari bahan alami, yaitu bambu. Bambu dipilih sebagai bahan spot foto karena lebih awet dan juga memiliki kesan yang alami. Atap pada spot foto juga terbuat dari bahan alami, yaitu jerami kering.

Dokpri

Dengan diadakannya program kerja ini, diharapkan dapat membantu dalam menyukseskan program pemberdayaan potensi pedesaan sehingga mencapai target yang sesuai. Selain itu, daya tarik wisatawan juga dapat lebih meningkat. 

Penulis:

Tim KKN Undip Desa Gunturharjo

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline