Lihat ke Halaman Asli

Tidurnya Mahasiswa

Diperbarui: 1 Maret 2017   19:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pada sebuah perkuliahan, baik itu kelas pagi, siang, maupun sore apalagi malam hari selalu ada beberapa orang mahasiswa yang ngantuk di kelas. Bahkan sampai ada yang ketiduran sambil kepala mangguk-mangguk di kelas dan mungkin akan lebih parah jika perkuliahan diadakan di malam hari. Memang tak dapat dipungkiri, penampakan ini memang sudah biasa dilihat dalam keseharian seorang mahasiswa. Mahasiswa adalah seorang yang “terlalu” sibuk dengan berbagai aktivitasnya. Memang seorang mahasiswa adalah orang yang memiliki segudang kesibukan baik itu yang berhubungan dengan aktivitas kuliahnya maupun aktivitas di luar kuliah.

Beberapa kesibukan mahasiswa diantaranya kerja, rapat organisasi sampai larut bagi yang fanatik organisasi, diskusi, diskusi rasa ngopi, jalan-jalan memenuhi kebutuhan hidup (baca : ngemall), copy-paste tulisan-tulisan di blog/artikel/jurnal untk tugas kuliah, cari informasi melalui gadget hingga larut (baca : stalking), cek notifikasi sosmed, kelarin episode drama korea, dan lain sebagainya. Maka tak heran kebanyakan mahasiswa banyak yang meiliki mata panda yaitu lingkaran berwarna hitam yang muncul di bawah mata. Munculnya lingkaran hitam karena bengkaknya pada mata yang diakibatkan oleh beberapa faktor penyebab salah satunya adalah kurang tidur.

Salah satu kesibukan yang menjadi kebiasaan mahasiswa yaitu “ngopi” merupakan hal yang sangat tidak asing di dengar. Mereka bisa saja menghabiskan waktunya hingga larut malam di warung kopi. Minum kopi sambil diskusi, minum kopi sambil main uno, terpaksa mengopi karena kelewat jam malam, ataupun hanya sekedar nongkrong. Hal tersebut sudah menjadi hal yang biasa bagi sebagian mahasiswa. Hingga pada akhirnya di jam-jam kuliahnya tidak mengikuti perkuliahan secara efektik tetapi dimanfaatkan untuk tidur. Katanya “yang penting masuk dan absensi full” untung-untung jika dosen yang ngisi tidak terlalu memperhatikan kelakuan mahasiswa yang tidur di kelas.

Kebiasaan ngopi dan tidur terlalu larut dalam kacamata kesehatan dapat menimbulkan beberapa masalah diantaranya terlihat kusam kulit pada diri kita, kelelahan dan melemahnya sistem kekebalan tubuh yang akan berdampak pada aktivitas kita selanjutnya karena sebenarnya tubuh kita memerlukan waktu untuk beristirahat mengembalikan energi-energi yang telah terkuras di waktu pagi hingga malam hari untuk beraktivitas, jadi tidurlah pada waktunya mahasiswa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline