Lihat ke Halaman Asli

Lebih Diutamakan Sedekah kepada Keluarga Terdekat atau Orang Lain Ya?

Diperbarui: 13 Mei 2022   12:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Assalamu'alaikum Wr. Wb, Sobat Muslim

Islam Merupakan Agama yang menjaga selalu perdamaian. Islam mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik dan menolong sesama, contohnya seperti bersedekah.

Masih banyak umat muslim yang bingung dan bertanya-tanya kepada siapa sedekah diberikan, jadi kita akan membahas Mana sih, sedekah yang lebih diutamakan? kepada kerabat dekat (keluarga) atau orang lain?

Nah sebelum itu kita harus tahu terlebih dahulu apa itu sedekah?

1. Apa Itu Sedekah?

Tentu kita dalam kehidupan sehari-hari sudah sering melaksanakan sedekah, sedekah bukan hanya sekedar harta, namun dalam hadist rasul senyum saja sudah termasuk sedekah. jadi, apa sih sedekah itu? 

Sedekah (bahasa arab :  ) adalah pemberian seorang muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.

Sedekah merupakan bagian dari amalan shalih dan merupakan perintah Allah SWT, sedekah tidaklah harus bernilai materi saja namun mencangkup segala amal dan perbuatan baik.

2. Mengapa Sedekah Dilakukan?

Ketika seorang muslim bersedekah memiliki sifat keutamaan yaitu Allah akan menaikkan ketinggian derajat seorang Muslim tersebut, ditentukan oleh sebesar dan sejauh mana ia memiliki kepedulian dan kepekaan sosial kepada Muslim yang lainnya. 

Bersedekah juga memiliki banyak manfaat untuk kehidupan diri :

1. Menghapus Dosa

Rasulullah SAW bersabda: "Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api," (HR Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614).

2. Mendapat Keberkahan Rezeki

3. Merasakan Kebahagian

4. Menambah Pahala dan Amalan yang Tidak Terputus

5. Membuka Pintu Rezeki

6. Menambah Umur

Rasulullah SAW bersabda:"Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su'ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri," (HR Thabrani).


3. Bagaimana Tata Cara Sedekah Dilakukan?

Segala sesuatu pekerjaan selalu diawali dengan niat, begitu pula dengan bersedekah. Bersedekah yang baik adalah diawali dengan niat yang benar, yaitu dengan mengharapkan ridha Allah, dan tanpa pamrih 

Bersedekah juga haruslah menggunakan harta yang halal, serta bersedekahlah kepada orang yang membutuhkan, dan yang lebih diutamakan adalah sanak keluarga 

4. Siapa Yang Diutamakan? Keluarga atau Orang Lain?

Banyak yang keliru mengenai siapa yang lebih dahulu diutamakan untuk diberikan sedekah keluarga yang sedang kesulitan atau orang lain?

Dalam kitab Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzab Imam nawawi memberikan penjelasan bahwa para ulama telah sepakat bersedekah didahulukan kepada sanak keluarga terlebih dahulu baru kepada orang lain. 

Dalam Al-Qur'an Allah SWT Berfirman:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline