Lihat ke Halaman Asli

Langkah Awal Pengabdian Mahasiswa

Diperbarui: 25 Desember 2022   20:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) merupakan program reguler Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Kegitan KKM ini dilaksanakan dengan tujuan agar mahasiswa mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat. Setelah 2 tahun sebelumnya KKM dilaksanakan dari rumah atau biasa disebut KKM-DR dikarenakan pandemi Covid-19 yang melanda. Tahun ini pelaksanaan KKM dilaksanakan seperti semula atau biasa dikenal dengan KKM-Reguler. KKM pada periode ini dilaksanakan mulai pada tanggal 19 Desember 2022 -- 22 Januari 2022 dan diikuti oleh 3630 mahasiswa yang tersebar di 230 desa di kabupaten Malang. Salah satunya yakni bertempat di Desa Baturetno, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. 

Di Desa Baturetno ini terdapat dua kelompok KKM yang berasal dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yakni Kelompok 55 dan 56. Kegiatan KKM di Desa Baturetno sendiri secara resmi dimulai pada Jum'at (23/12) yang ditandai dengan terselenggaranya kegiatan "Pembukaan dan Penerimaan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Tahun 2022-2023". Kegiatan tersebut diadakan di Kantor Desa Baturetno yang dihadiri oleh perangkat desa, tokoh masyarakat, babinsa, dosen pembimbing lapangan dan seluruh peserta KKM kelompok 55 dan 56.

Acara ini berjalan dengan khidmat. Dimulai dari pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjut dengan sambutan oleh Koordinator kelompok KKM dan Dosen Pembimbing Lapangan yang sekaligus menyerahkan mahasiswa KKM untuk mengabdi di Desa Baturetno. Setelah itu, dilanjut dengan pemaparan program kerja oleh ketua kelompok 55 dan 56 dengan maksud agar masyarakat mengetahui program kerja dan kegiatan apa saja yang akan dilakukan oleh mahasiswa selama mengabdi di Desa Baturetno. Kemudian dilanjut dengan sambutan oleh kepala desa yang diwakili oleh bendahara desa yang sekaligus menerima dan membuka kegiatan KKM secara resmi. Peresmian pembukaan dan penerimaan KKM tersebut secara simbolis ditandai dengan pemotongan tumpeng. Setelah itu, beranjak ke sesi doa bersama yang sekaligus sebagai penutup acara "Pembukaan dan Penerimaan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Tahun 2022-2023".

"Dengan adanya kegiatan KKM di Desa Baturetno kami harap dapat membangun dan mengembangkan potensi - potensi yang terdapat di desa ini. Kami juga mengingatkan untuk kalian tetap menjaga nilai-nilai yang ada di sini mulai dari etika, tutur kata sampai kepada perbuatan yang dilakukan selama berada disini. Perlu diketahui pula bahwa masyarakat disini memiliki dua kultur yakni Jawa dan Madura yang pastinya memiliki perbedaan di kesehariannya. Sehingga diharapkan kalian dapat beradaptasi dengan hal tersebut." ucap bendahara desa saat itu.

Agenda pembukaan dan penerimaan kuliah kerja mahasiswa (KKM) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Tahun 2022-2023 tersebut menjadi langkah awal bagi mahasiswa dalam melakukan pengabdian di Desa Baturetno Kecamtan Singosari Kabupaten Malang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline