Lihat ke Halaman Asli

maulida yuni syafira

Mahasiswa Universitas PGRI Semarang

KKN UPGRIS: Pembuatan Minuman Herbal SENJAKU (Serai Jahe Kunyit) untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Diperbarui: 24 Februari 2021   13:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Selasa (23/02/2021). Maulida Yuni Syafira. Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang 2021 Kelompok 13 yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dhian Endahwuri S.PD., M.Pd. membuat minuman herbal SENJAKU (serai jahe kunyit) untuk menjaga daya tahan tubuh dimasa pandemi covid-19.

Ditengah pandemi yang masih berlangsung ini, daya tahan tubuh sangat penting untuk dijaga. Meningkatka daya tahan tubuh bisa menjada diri kita dari berbagai macam penyakit. Kita dapat menjaga daya tahan tubuh dengan minum minuman herbal, salah satunya minuman Senjaku yang diperaya dapat menjaga imunitas tubuh dimasa pandemik ini. Minuman Senjaku dibuat dengan menggunakan rempah-rempah tradisional tanpa bahan pengawet. Bahan-bahan pembuatan minuman Senjaku yaitu jahe, kunyit, serai, jeruk nipis, dan gula jawa.

Jahe sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia yaitu meningkatkan daya tahan tubuh, mampu mengurangi rasa mual, menghangatkan tubuh, dan masih banyak lagi manfaat jahe. Kunyit memiliki banyak manfaat salah satunya meningkatkan daya tahaan tubuh, mengobati radang, dan mengurangi rasa mual. Serai juga memiliki banyak manfaat seperti anti oksidan, memelihara kesehatan tubuh, dan juga kekebalan imunitas tubuh. Jeruk nipis bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, menangkal kanker, menurunkan resiko penyakit jantung, menngktatkan penyerapan zat besi, dan lain sebagainya. Dan gula jawa memiliki manfaat sebagai sumber energi yang baik dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain membuat minuman herbal Senjaku, Mahasiswa KKN UPGRIS juga menjelaskan manfaat dari minuman Senjaku kepada masyarakat guna mempertahankan daya tahan tubuh. Tidak hanya itu, mereka juga membagikan beberapa minuman herbal kepada masyarakat Dukuh Sandan Waru RT02 RW01 Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak.

Dengan adanya program tersebut, Mahasiswa KKN UPGRIS berharap masyarakat mampu memanfaatkannya dengan baik untuk dikonsumsi sehari-hari guna meningkatkan imunitas tubuh, atau dapat menjadi ide bisnis di tengah pandemi saat ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline