Lihat ke Halaman Asli

Guru SMA dan Murid yang Ideal

Diperbarui: 17 Juni 2015   08:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

GURU SMA DAN MURID YANG IDEAL

Penguasaan Materi pembelajaranoleh seorang guruadalah sesuatu yang sangat penting dalam proses belajar mengajar karna keberhasilan belajar mengajar tergantung dari penguaasan materi seorang guru,apabila seorang guru sudah menguasai materi yang diajarkan maka cara penyampeaanya pun dia akan enjoe dan rilek menjawab apabila ada pertanyaan dari siswa siswinya,dan siswi-siswanya pun akan lebih mudah memahami dan mengerti tentang semua materi yang dia jelaskan ,dan siswa-siswinya pun akan beranggapan positif terhadap guru yang sudah menguasai materi tapi sebaliknya apabila guru belum menguasai materi maka cara penyampeaanya akan gugup dan takut apabila adapertanyak darisiswa siswinya,sehingga siswa-siswinyapunakan cepat bosan dan sulit mengerti dengan materi yang disampaikan oleh dia,lalu tidakbesar kemungkinaan siswa–siswipun akan beranggapan negatif terhadap guru yang tidak bisa menguasai materi

agar guru bisa menguasai materi yang akan diajarkan pada siswa-siswinya dia harus belajar terlebih dahulu sebelum dia mengajar atau sebelum dia masuk kelas..

ada beberapa segi yang patut kita nilai dari guru kitawaktu di SMA antara lain:

. Dari segi pertanyaan siswa -siswi ada kalanya dia sudah menguasai materi dan ada kalanya dia sudah menguasai materi, kenapa saya bilang begitu, karna pada waktu saya diajar sama dia ada teman saya yang bertanya pada dia dan menurut saya jawaban dia itu tidak terkait dengan materi yang dia ajarkan melainkan jawabanya terkait dengan materi yang lain dan cara dia menjawab pun dengan amburadur dan tidak jelas serta rumit,dan tidak bisa dipahami oleh siswa-siswinya tapi setelah satu minggu kemudiaan dia masuk lagi kekelas dan ada lagi yang bertanya pada dia,kemudaiandia bisa menjawab dengan baik dan benar, jawabanya juga terkait dengan materi itu serta contoh yang rasional dan fakta dan mudah dipahami oleh siswa-siswinya itu alasan saya kenapa saya bilang ada waktunya dia menguasai dan ada kalanya dia belum mengusai materi

Dari segi penyampeyan materi sama seperti dari segi pertanyaan dari siswa -siswinya,ada kalanya dia menguasai dan ada kalanya dia kurang menguasai materi, kenapa saya bilang begitu, karna menurut pengalaman saya waktu diajarsama dia ada kalanya dia mengajarmembawah buku dan ada kalanya dia mengajar tidak membahwa buku,dan juaga ada kalanya dia menjelasan dengan baik dan ada kalanya dia menjelaskan dengen kurang baik,

Dari segi contoh yang dia berikan terkait dengan materi yang diajarkan sema seperti segi pertanyaan siswa-siswi dan segi penyampeean materi,kenapa saya bilang begitu karna menurut pengalaman saya,dia pernah metberikan contoh yang tidak ada kaitanya dengan materi yang disampaikan sehingga bayak teman saya yang menyanggah contoh tersebut,tapi adapula contoh yang dia berikan itu masuk akal dan terkait dengan materi yang diajarkan sehingga teman-teman bisa memahami dengan lebih cepat

Dari sana saya dapat mengetahui bahwa tidak selamanya guru itu bisa menjelaskan dengan baik dan tidak selamanya guru itu bisa menjelaskan dengan kurang baik dan ada kalanya guru itu menguasai materi dan adakalanya guru itu tidak menguasai materi,dan ada kalanya guru bisa memberikan contoh yang ada kaitanya dengan materi dan ada kalanya guru tidak bisa memberikan contoh yang ada kaitanya dengan materi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline