Lihat ke Halaman Asli

ANDI MAULANA

Pelajar/Mahasiswa

Jenuh Sekolah Daring Saat Pandemi, Ini Solusinya

Diperbarui: 16 Juli 2021   13:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Corona saat ini masih menjadi sesuatu hal yang sangat menakutkan bagi masyarakat Indonesia. Semua sektor terkena dampak darinya seperti politik, ekonomi sosial dan hal-hal yang menyangkut dengan keramaian tentunya terutama pendidikan. Sebelum corona hadir, para pelajar dan mahasiswa melakukan pembelajaran dengan tatap muka dan berinteraksi secara langsung. Namun, beda halnya setelah kita mengenal Covid-19 ini, seluruh kegiatan pendidikan dilakukan secara online/daring.
 Salah satu upaya alternatif yaitu para pelajar dan mahasiswa melakukan pembelajaran secara daring dengan tujuan untuk mengurangi dan mencegah penyebaran virus corona. 

Belajar daring membuat kebanyakan pelajar merasa jenuh, bosan, malas, dan cenderung menjadi tidak produktif hingga rindu dengan suasana sekolah saat luring. Hal itu wajar-wajar saja mengingat manusia merupakan makhluk sosial yang berinteraksi dengan orang lain. Namun, apabila hal ini dibiarkan berlarut-larut dapat menganggu pencapaian nilai di sekolah, nilai turun, tugas sekolah tidak pernah dikerjakan, dan tidak pernah hadir dalam kelas daring. Berikut penulis berikan solusi yang mampu menambah semangat, menghilangan jenuh dan tidak bosan saat pemebelajaran daring, apa saja solusinya, ini dia

1. Niat
 Untuk memulai segala hal tentunya diawali dengan niat. Salah satu penyebab banyak pelajar yang merasa jenuh karena mereka belum membetulkan niat belajarnya. Mereka beranggapan “yang penting ikut aja dulu meetingnya, soal paham gapaham urusan nanti”. Ini salah total, banyak waktu kita terbuang untuk sesuau hal yang sia-sia. Pasti lebih menguntungkan kita membetulkan, membulatkan niat kita untuk menerima dan menangkap ilmu dari guru. Ingat jerih payah orang tua yang membiayai pendidikan kita. Apakah kita tidak merasa bersalah jika kita tidak bisa membalas mereka ?. Buat mereka bangga dengan pencapaian kamu di sekolah.

2. Menentukan suasana belajar
 Belajar dari rumah sangat diuntungkan karena kamu bisa menentukan gaya belajar kamu, yang bisa membantu menghilangkan rasa bosan. Misalnya, biasanya kamu belajar di kamar atau di ruang tamu, kamu bisa mengganti suasana tersebut dengan belajar di teras, halaman depan atau belakang rumah. Dihadapkan dengan suasana yang terbuka bisa membuat meningkatkan semangat belajar kamu. Ditambah lagi dengan tumbuhan hijau yang mamupu membuat mata kamu relaks setelah melihat layar laptop ataupun handphone seharian.

3. Buat kelompok belajar
 Penyebab utama pelajar merasa bosan karena mereka tidak bisa bertemu dengan teman-teman seperjuangan. Dengan membuat kelompok belajar kecil-kecilan mampu mengatasi rasa jenuh kamu saat belajar daring. Kamu bisa membuat kelompok belajar di aplikasi seperti whatsapp, telegram dan mengadakan virtual meeting untuk mengobati rasa rindu dengan teman-teman. Tidak dengan cara berkerumunan yaa. Kelompok belajar mampu meningkatkan semangat dan motivasi belajar kamu. Berinteraksi dengan temateman bisa menjaga kesehatan mental kamu yang selama ini terisolasi di rumah.

4. Membangitkan semangat belajar kamu
 Tentunya dengan melakukan hal yang kamu sukai untuk meningkatkan semangat belajar kamu. Selain belajar, luangkan waktumu untuk melkukan hobi kamu. Menonton film, membaca novel ataupum buku fiksi, membuat karya seni, memasak dan memancing pasti mampu membuat kamu merasa bahagia dan relaks setelah lelah belajar daring. Selain hobi, kamu bisa melakukan aktivitas menarik lainnya. Jangan lupa penuhi kebahagiaan kamu.
Itu dia beberapa tips dari penulis, yang terpenting kamu bisa memamksimalkan dan mengatur waktu kamu ya, semangat menggapai mimpi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline