Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa HKN UM Melakukan Sosialisasi Pentingnya e-Government dan Pendampingan Website

Diperbarui: 28 September 2023   13:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Bersama Perangkat Kecamatan dan Desa ( Sumber Gambar : Maulana Ach M.I ) 

Tak bisa dipungkiri jika kita sekarang hidup di zaman yang serba digital dan didukung dengan pesatnya kemajuan teknologi. Mahasiswa sebagai agent of change sudah seharusnya ikut bergerak memberikan konstribusi dan sumbangsihnya bagi masyarakat sekitar. 

Hal ini sejalan dengan tri dharma perguruan tinggi yang mengutamakan implementasi pengabdian masyarakat secara nyata. Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) dalam program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) yang diselenggarakan oleh LPPM UM mengembangkan sebuah website khusus kecamatan yang bisa terkoneksi juga dengan informasi yang ada di desa sebagai optimalisasi pelayanan publik di Kecamatan Gurah, Kediri. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk sosialisasi pentingnya penerapan e-government  kepada perangkat kecamatan dan perangkat desa dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan publik yang ada di Kecamatan Gurah.

Foto Bersama Tim Pengabdian Mahasiswa ( Sumber Gambar : Maulana Ach. M.I )

            Tim pengabdian mahasiswa tersebut beranggotakan Maulana Reza Pahlevi selaku Ketua tim pengabdian, Mirna Fajar Rahmawati, Hafizha Salma Sabila, dan Maulana Achmad Maghfur Ichsan selaku anggota tim pengabdian mahasiswa. Seluruh anggota pengabdian berasal dari Fakultas Ilmu Sosial, Departemen Hukum dan Kewarganegaraan, Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Malang. Selain itu, tim pengabdian mahasiswa juga berkolaborasi dengan mahasiswa S1 Teknik Informatika Universitas Negeri Malang dalam pembuatan website kecamatan.

            Setelah melakukan beberapa kali pengambilan data dan melihat langsung bagaimana pelayanan publik yang ada, tim pengabdian mahasiswa berinisiatif untuk membuatkan website khusus yang bisa digunakan oleh pihak kecamatan untuk melakukan pelayanan publik. Website tersebut selain berguna untuk meningkatkan pelayanan publik yang ada, bisa juga ditambahkan terkait informasi mengenai desa-desa yang ada di Kecamatan Gurah. Hal itu bertujuan untuk mempermudah perangkat kecamatan dan desa dalam melayani masyarakat, khususnya dalam bidang administrasi surat menyurat. 

Karena dalam website tersebut, terdapat informasi yang lengkap dan detail terkait persyaratan apa saja yang dibutuhkan dalam pengurusan surat menyurat. Informasi desa yang ada didalam website tersebut juga bisa digunakan masyarakat untuk saling mengetahui kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan di desa sebelah. Tentu dengan kemudahan tersebut, diharapkan semakin membuka transparansi dan menunjang pelayanan publik yang ada di kecamatan Gurah.

            Acara sosialisasi dalam rangka memperkenalkan website tersebut kepada perangkat kecamatan dan desa yang ada di Kecamatan Gurah telah dilaksanakan pada tanggal 4 September 2023. Dalam serangkaian acara sosialisasi tersebut, kegiatan diawali dengan sambutan ketua tim pengabdian mahasiswa, Maulana Reza Pahlevi. "Saya mengucapkan terimakasih kepada pihak kecamatan dan segenap masyarakat Gurah yang telah mengizinkan kami untuk bisa melakukan kegiatan pengabdian masyarakat sini.

Sambutan Ketua Tim Pengabdian Mahasiswa ( Sumber Gambar : Maulana Ach. M.I )

Seperti yang kita ketahui bersama, kegiatan pelayanan publik yang ada di Gurah sebenarnya sudah berjalan cukup baik. Namun yang menjadi kendala adalah masih belum adanya sebuah website resmi yang bisa dipakai oleh pihak Kecamatan. Sehubungan dengan itu, kami memiliki inisiatif untuk membuatkan website yang bisa dipakai oleh pihak Kecamatan dalam rangka menunjang pelayanan publik yang ada. Website tersebut selain digunakan untuk pelayanan publik, bisa juga diisi dengan informasi-informasi kegiatan yang ada di desa. Bisa juga dipakai untuk mengakses website desa bila desa memilikinya." Ucap Reza dalam sambutannya.


            Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh Camat Gurah, Bapak Moch. Imron, S.Sos., M.M. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi dan berterimakasih kepada tim pengabdian karena telah mempercayai Kecamatan Gurah sebagai lokasi pengabdiannya. "Terima kasih dengan dilaksanakannya Pengabdian Mahasiswa dari Universitas Negeri Malang yang ditindaklanjuti dengan sosialisasi pada hari ini dengan tema Pendampingan optimalisasi pelayanan publik bagi aparatur desa dalam mewujudkan e-goverment di kecamatan Gurah. 

Sambutan Camat Gurah Sekaligus Pembukaan Acara ( Sumber Gambar : Maulana Ach. M.I )

Semoga kegiatan ini membawa dampak terhadap penyelenggaraan pemerintahan di wilayah Kecamatan Gurah. Dengan program ini, saya berharap staf perangkat kecamatan dan desa dapat menjalankan e-goverment dengan baik. Apalagi saat ini kita dituntut untuk bisa memberikan pelayanan berbasis elektronik goverment yang bisa memberikan dampak pelayanan signifikan kepada masyarakat." Ujar bapak Imron dalam sambutannya.

penyampaian materi pentingnya penerapan E-Government ( Sumber Gambar : Maulana Ach.M.I )

            Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi pentingnya penerapan e-government yang disampaikan oleh Ibu Dr. Sri Untari, M.Si selaku Dosen Hukum dan Kewarganegaraan FIS UM. Para peserta yang terdiri dari pegawai kecamatan dan juga perangkat desa terlihat serius dalam mendengarkan pemaparan materi yang disampaikan. 

Sosialisasi dan Pengenalan Website ( Sumber Gambar : Maulana Ach.M.I )

Setelah materi e-government, dilanjutkan dengan sosialisasi dan pengenalan website yang disampaikan oleh Tryanda Pamungkas dan Fadia Irsania Putri, Mahasiswa S1 Teknik Informatika UM. Dalam kesempatan itu, keduanya menunjukkan tentang tampilan umum website dan bagian isi dalaman website. Pada sesi ini, peserta yang hadir terlihat antusias dan aktif bertanya terkait informasi apa saja yang terdapat dalam website tersebut. Selanjutnya, acara sosialisasi pada tanggal 4 September 2023 tersebut ditutup dengan penyerahan plakat/kenang-kenangan dari tim pengabdian kepada pihak kecamatan.

pendampingan pengisian website kepada perangkat kecamatan dan penyerahan secara simbolis ( Sumber Gambar : Maulana Ach.M.I )

           Kegiatan berikutnya pada tanggal 12 September 2023, yakni pendampingan pengisian website kepada perangkat kecamatan dan penyerahan secara simbolis untuk kemudian dikelola oleh pihak kecamatan. Menurut perwakilan tim IT kecamatan, mas Sunu, website yang dibuat cukup mudah untuk dikelola. Selain itu, mas Sunu juga berujar bahwa website yang dibuatkan oleh tim pengabdian sangat berguna dalam menunjang pelayanan publik di Kecamatan. Beliau juga berharap dengan adanya website tersebut, bisa mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi yang ada di Kecamatan dan Desa di wilayah Gurah.

Penyerahan Cinderamata Secara Simbolis ( Sumber Gambar : Maulana Ach M.I )

Pembukaan Kegiatan Sosialisasi Oleh MC ( Sumber Gambar : Maulana Ach.M.I )

Foto Bersama dengan Peserta Sosialisasi ( Sumber Gambar : Maulana Ach.M.I )

          




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline