Lihat ke Halaman Asli

Pagelaran Wayang Kulit Purwa, Sedekah Desa Kelurahan wates

Diperbarui: 16 Agustus 2023   15:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Semarang -- Warga masyarakat Kelurahan Wates menyelenggarakan pagelaran wayang kulit dan reog ponorogo bertajuk 'Sedekah Desa, Sedekah Negara, Sedekah Buwana' di halaman Padepokan Kalimasada. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai ungkapan rasa terimakasih kepada tuhan sekaligus sebagai hiburan bagi masyarakan sekitar.

Pagelaran tersebut diadakan selama 3 hari 4 malam dengan empat dalang kondang. Diawali dengan pengajian, dilanjut pada siang harinya ada pagelaran wayang kulit dari Ki Joko Harianto dengan lakon 'Semar Manages', setelah itu Ki Tantut Sutanto dengan lakon 'Semar Nagih Janji' pada malam harinya, hari kedua diisi dalang kondang Ki Cahyo Kuntahdi dengan lakon 'Bratayuda Jayabinangun', pada hari terakhir siangnya ada pertunjukan reog ponorogo margo jati jolosutro dan puncaknya di tutup oleh dalang  Ki Purba Asmara dengan lakon 'Temuruning Wahyu Makutarama Kalacakra'. Sejumlah masyarakat hadir memenuhi halaman Pendopo Kalimasada untuk menyaksikan pagelaran wayang kulit tersebut.

Panitia Sedekah Desa Bapak Yaeni Kemo mengatakan kegiatan ini di adakan sebagai ungkapan rasa syukur atas segala sesuatu yang diberikan oleh tuhan dengan nguri-uri budaya jawa, tak hanya itu pagelaran wayang kulit di gelar sebagai pengenalan kepada para penerus bangsa. Pada pagelaran wayang kulit juga ada pasar UMKM yang sudah disediakan oleh panitia. Ada beragam jualan yang ada mulai dari hasil perkebunan, pakaian, hingga ada beberapa permainan yang ada. Tutik salah satu penjual disitu mengungkapkan "Acara ini sangat istimewa, tak hanya nguri -- uri budaya jawa akan tetapi panitia juga memikirkan para UMKM yang ingin berjualan di acara ini" panitia dalam mengelolaan lahan jualan untuk para UMKM sangat dipikirkan matang-matang yang berdampak positif bagi semuanya. (MNI)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline