Lihat ke Halaman Asli

MatusBest

Santri

Gerhana Matahari, Jangan Salah Niat

Diperbarui: 20 April 2023   14:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Pada hari Kamis 20 April 2023 ini dikabarkan akan terjadi gerhana matahari. Dimana tak lama lagi kita akan menuntaskan puasa ramadhan dan menyambut hari raya yang tinggal menghitung hari.

Pagi ini, saya mengelap kaca jendela depan rumah, menyapu dan membereskan rumah setelah hari sebelumnya sudah mencuci toples sebagai persiapan lebaran. Ayah saya yang baru saja pulang dari bengkel bertanya sembari mendekat.

" Kalau niat sholat gerhana bulan itu gimana?" Saya yang notabene anak pesantren merasa jiwa dakwah saya harus digunakan.  beliau membolak-balik buku khutbah sembari bertanya lagi " ini artinya apa?" Tanya beliau seraya menunjuk kata yang belum beliau ketahui maknanya. 

" Anna itu sesungguhnya, surur itu bahagia" timpal saya sekenanya.

Tak lama, terdengar pengumuman dari masjid yang memberitahukan bahwa sholat gerhana matahari akan segera dilaksanakan. Tak lama ayah pun bergegas memakai Koko coklat kesayangannya, beliau tak jadi berangkat ke masjid karena masih mempertanyakan hal yang sama " kalau matahari khusuf atau kusuf"

" Kusuf yah"

" Qusuf kan?"

" Kusuf yah bukan qusuf, kalau bulan khusuf pakai Kho, kalau matahari kaf biasa bukan qof, kusuf" balas saya lagi.

Akhirnya beliau berangkat ke masjid, saat sholat sudah hampir didirikan imam menyeru " assholaatu jami'ah" saya kembali berujar " semoga ayah nggak salah niat"

Amiiin.....




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline