Lihat ke Halaman Asli

MATTY SENGHORE

Former News Anchor at GMTV Gambia, Former reporter at Star TV Gambia , Former presenter, Anchor of the Fatu Network. Host of Voice Of The Sisters TV Show

Sejarah Bahasa Indonesia

Diperbarui: 11 September 2022   21:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Matty Senghore Ikom UNESA KELAS E

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Indonesia, negara terpadat kelima di dunia,Bahasa ini memiliki sejarah yang menarik, melibatkan penjajahan, nasionalisme, dan upaya untuk menyatukan budaya suatu bangsa yang sangat beragam. 

Anehnya, itu bukan bahasa asli sebagian besar penuturnya. Sebaliknya, ini adalah bahasa kedua yang diperlukan untuk saling pengertian di negara dengan lebih dari 200 bahasa. Dikatakan sebagai bagian dari 10 besar bahasa yang paling banyak digunakan di dunia meskipun hanya digunakan di Indonesia negara dengan 279.834.354 penduduk. Menurut penelitian, ada 198 juta penutur, 43 juta penutur asli, dan 155 non penutur asli. 

Perkembangan bahasa Indonesia tidak lepas dari bahasa Melayu yang telah digunakan sejak abad ke-7 sebagai bahasa komunikasi atau lingua franca, tidak hanya di pulau-pulau di seluruh nusantara, tetapi juga di seluruh Asia Tenggara. Bahasa Indonesia menampilkan perbedaan dramatis dalam daftar dan gaya. Seperti dalam semua bahasa modern, ada perbedaan umum antara penggunaan formal dan informal. 

Bahasa Indonesia formal, Bahasa baku, banyak digunakan dalam penulisan, pidato publik, administrasi dan pendidikan. Bahasa Indonesia informal cenderung menghilangkan imbuhan, banyak digunakan pada padanan formalnya, dan meminjam kata dan gaya bahasa daerah. Penggunaan akhiran 'in' sebagai ganti 'kan' untuk membuat verba transitif, misalnya, berasal dari bahasa Jawa. Penggunaan informal menyatu dengan bahasa gaul jalanan dan dibumbui dengan partikel seperti dong dll.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline