Lihat ke Halaman Asli

Beli Mobil? Dinekatin Aja!

Diperbarui: 18 Juni 2015   03:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Buat keluarga Betawi kaya saya, mobil kadang kagak ada dipikiran. Apalagi sanak sodara rumahnya deket semua. Biasa, kalo orang Betawi itu tinggalnya gak jauh-jauh dari sodara, kaya tinggal di "cluster sendiri kalo bahasa perumahan kerennya sekarang. Tapi, keluarga saya terutama Babe saya butuh banget tuh mobil. Buat jalan ke toko, maklum kan babe saya dagang. Trus, mobilnya juga biasa dipake buat ke rumah sodara yang kebetulan tinggalnya jauh, misalkan ke rumah nenek saya yang dari enyak.

Ceritanya, di tahun 90-an, Babe saya beli mobil nih, tapi kagak pake ngutang atau kredit, soalnya setau saya jaman dulu belon banyak tuh yang nyedian jasa utang-utangan apalagi buat beli mobil. Jadi, Babe belinya kontan. Ngerti gak "kontan"? Bayar cash maksudnya.

Abis dibayar, nah tuh mobil langsung ngejogrog dah di rumah. Karena kebanyak sodara saya yang lain pake mobilnya jenis Kijang "kotak", Babe kesemsem buat beli gituan. Kadang kalau saya pikir-pikir selera orang Betawi ngapa sama semua ya? Hehe... Kaya orang kagak ngerti model laen. Satu beli Kijang, semua beli Kijang. Ampe sekarang alhamdulilla awet tuh mobil, orang jarang dipake, cuma saban hari dipanasin aja.

Itu cerita dulu, kalo sekarang beda urusan nih sodare-sodare.... Saya juga mao cerita abang saya yang beli mobil pake sistem kredit. Jadi ngutang ampe beberapa taun baru lunas. Mpok Ipar saya kan ngebet banget nih pengen punya mobil, biar bisa gaya ama temen-temennya, tapi juga buat banyak kebutuhan sih.

Di awal taun 2010, kemaren, Abang saya mutusin buat kredit mobil. Sebelonnya sih curhat dan minta pendapat saya. Karena dia ini kan kredit, jadi masih mikir-mikir nyiapin duit tiap bulannya. Awalnya ragu dan hampi aja kagak jadi karena cicilannya gede banget tiap bulan. Tapi, saya sedikit ngasih saran buat dia, "kalau gak dinekatin, kagak bakal kebeli Bang," kata saya dengan bijak hehe...

Abisnya kalo dipikir-pikir, makin bertambah taun, harga mobil makin mahal sama kaya harga tanah. Kalo gak dinekatin ya kagak bakal punya mobil. Lagian, Abang saya itu sebenernya gajinya gede tapi kagak bisa ngatur duit. Alhasil, gak punya tabungan, padahal mampu beli apa aja.

Singkat cerita, dia akhirnya jadinya tuh kredit mobil. Cicilannya emang lumayan gede tapi dinekatin ama dia sesuai ama saran saya. Saya lupa dia kredit mobil ambil yang berap taun, tapi sekrang udah hampir lunas katanya. Dan, katanya dia mao ambil mobil lagi. Mati kipee, ketagian dia hehe...

Dia bilang ama saya, "ternyata bener juga kata elu, Ji. Kalo gak dinekatin kagak punya mobil gua ampe sekarang, padahal gaji gua ternyata cukup buat bayar kredit ama ngebulin dapur," kata dia, bangga.

"Nah, bener kan kata gua Bang! entar elu beli kereta api aja sekalian," saya becandaain dikit.

Trus, ente pada tau gak intinya dari cerita saya? Sebenernya sih cuma mao curhat aja, tapi kebetulan ada lomba di mari tentang kredit mobil, jadi saya ikutan sekalian. Intinya kalo temen-temen mao kredit mobil atau apapun, coba pikirin dan nekatin aja beli, tapi liat kantong dulu ya. Biasanya kita takut kalo mau kredit atau ngutang, padahal saban hari duit kita abis kagak ada junturngannya. Mending buat kredit, kan! Duit jelas larinya kemana dan kita jadi punya barang.

Cocoknya nih cerita buat orang yang boros ama yang gak bisa ngatur duit. Coba dah sekarang! Tapi kalo nunggak bayarnya, jangan pinjem ke saya, ya? hehe...

Salam




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline